Kadin dorong digitalisasi UMKM untuk meningkatkan usaha.-Dicemotion.com

Dicemotion.com-


Jakarta (Antara) – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menggalakkan digitalisasi bagi pelaku usaha kecil, kecil, dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan bisnisnya mulai dari periklanan hingga penjualan.

Menurut Wakil Ketua Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Kadin Indonesia ini, “Kadin juga akan ikut serta memastikan UMKM kita tidak melakukan penjualan, melakukan promosi dan tidak menggunakan teknologi lama, melainkan masuk ke pasar digital. Sarman Simanjorang, di Jakarta, Kamis.

Menurut Sarman, digitalisasi berperan membuka peluang baru yang dapat mengubah banyak aspek kehidupan, khususnya di negara berkembang seperti Indonesia.

Salah satunya adalah target Kementerian Serikat Pekerja dan UKM untuk menghadirkan sekitar 30 juta UMKM ke dunia digital pada tahun 2025.

Baca juga: Digitalisasi UKM bukan sekedar memasuki “marketplace”.

Baca juga: Kadin: Digitalisasi akan membantu memberdayakan UMKM untuk menjadi bagian dari rantai pasokan global

Kadin terlibat aktif dalam mendorong transisi UMKM dari metode penjualan dan promosi tradisional ke pasar digital.

Ia meyakini, hal ini tidak hanya akan memudahkan akses pasar bagi UMKM, namun juga akan menumbuhkan minat generasi muda untuk berbisnis dengan cara yang lebih modern.

“Hal ini menarik agar generasi muda kita tidak perlu khawatir untuk mengenalkan mereka pada berbagai alat dan infrastruktur digital yang dapat menjangkau masyarakat luas,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Sarman, Kadin bekerja sama dengan berbagai industri untuk meningkatkan keterampilan digital pegawai.

KADIN juga berupaya memperkuat ekonomi digital dengan fokus pada pelatihan keahlian UKM dalam digitalisasi dan membangun platform informasi digital.

Dalam upaya mewujudkan Visi Emas Indonesia 2045, Kadin menyampaikan peta jalan kepada Presiden Joko Widodo yang salah satunya menyoroti pentingnya pengembangan infrastruktur digital.

Dengan mengembangkan infrastruktur digital yang luas, Sarman berharap dapat menjamin akses internet yang cepat dan terjangkau di seluruh Indonesia, termasuk daerah terpencil.

“Kita tahu ada sekitar 60 juta UMKM di seluruh Indonesia dan kita tahu mereka ada di daerah dan kita ingin mereka melek teknologi dalam berbagai aspek. Dengan belajar teknologi, kita berharap mereka bisa berkembang dari kecil menjadi kecil, kecil. ke menengah, dan tentunya kita harapkan dari menengah ke besar,” ujarnya.

Baca juga: Kadin menekankan pentingnya transformasi ekonomi digital bagi UMKM

Baca juga: Kadin: Digitalisasi sangat penting bagi pertumbuhan dunia usaha.

Baca juga: Literasi mendorong adopsi digital UMKM dan perekonomian nasional.

Koresponden: Fathur Rochman
Editor: Zita Meirina
Hak Cipta © ANTARA 2024

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama