UMKM Pekalongan tunjukkan strategi masuk produk ekspor bersama Shopee-Dicemotion.com

Dicemotion.com-


Jakarta (Antara) – Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Indonesia kembali unjuk gigi di kancah dunia. Produk buatan lokal terus diminati masyarakat global. Untuk terus mendukung UMKM meraih kesuksesan di pasar global, pemerintah menargetkan ekspor UMKM nasional mencapai 17 persen pada tahun 2024.

Meskipun UKM semakin banyak yang melakukan outsourcing, memasuki pasar outsourcing masih menjadi tantangan bagi sebagian besar pelaku UKM. Bersaing dengan produk luar negeri menjadi salah satu tantangan saat ini. Pelaku UMKM diharapkan memiliki produk yang berdaya saing tinggi dengan harga terjangkau berdasarkan kebutuhan dan preferensi target audiensnya. Hal ini penting dilakukan guna menarik perhatian pelanggan di negara ekspor yang ingin dibidik.

Selain itu, menjaga kualitas produk secara terus menerus untuk menjamin kepuasan pelanggan menjadi tantangan tersendiri. Di sisi lain, pelaku UMKM diharapkan memiliki strategi promosi yang menarik dan efektif serta menjamin pengiriman yang cepat dari Indonesia ke negara tujuan. Namun pada saat yang sama, mereka perlu memastikan bahwa strategi promosi dapat dilaksanakan dengan anggaran yang relatif masuk akal.

Untuk membantu para pelaku UMKM mengatasi tantangan tersebut dan mewujudkan tujuan pemerintah dalam mendongkrak ekspor UKM, platform e-commerce Shopee terus berinovasi menjadi pendamping dalam setiap perjalanan UMKM. Di tahun Hingga akhir tahun 2023, lebih dari 26 juta produk dalam negeri telah berhasil diekspor melalui Program Ekspor Shopee sejak tahun 2019. Selain itu, fasilitas Kampus Ekspor UMKM Shopee yang berlokasi di berbagai kota akan memandu UMKM untuk melakukan ekspor dengan mudah.

Baca juga: Shopee mengekspor 50.000 produk UMKM setiap harinya.

Koleksi Arca99; UMKM Pekalongan Global bersama Shopee

Muhammad Arifin atau biasa disapa Arifin adalah seorang penjual pakaian batik asal Buaran, Pekalogan, Jawa Tengah. Di tahun Diluncurkan pada tahun 2019, ia menamai bisnisnya 'Arka Collection99', awalnya menerima 1-2 pesanan per hari. Sejak berjualan di Shopee, Arifin kini bisa melayani puluhan bahkan ratusan pesanan dalam sehari. Tak hanya itu, kemeja batik pun sukses dijual ke luar negeri hingga ratusan produk per bulannya.

“Sebelumnya saya tidak pernah terpikir untuk bisa mengekspor karena banyak tantangan yang harus saya hadapi mulai dari pemasaran hingga logistik pengiriman. Namun dengan program dan kemudahan yang ditawarkan program Ekspor Shopee, pengiriman produk ke Singapura bisa semudah pengiriman ke kota lain di Indonesia. Indonesia.” Sekarang dari 35- Sekitar 40 persen keuntungan bulanan kami berasal dari pesanan ekspor Shopee di Malaysia dan Singapura, ”kata Arifin.

Pria 32 tahun yang pernah bekerja sebagai buruh pabrik ini berbagi tiga tips jitu agar UMKM lokal bisa mengekspor seperti dirinya.

Baca juga: Ragam solusi yang dihadirkan Shopee untuk UMKM membuat bisnis lokal mendunia.

• Memperhatikan dan menjaga kualitas produk

Arifin menekankan pentingnya kualitas produk dan pengendalian kualitas untuk membangun kepercayaan pelanggan sekaligus meningkatkan daya saing. UKM dapat mengembangkan produk yang unik dan berkualitas untuk memenuhi kebutuhan pasar. Sementara itu, pengendalian kualitas juga diperlukan untuk memastikan produk yang dijual memuaskan pelanggan dan menjaga reputasi baik bagi bisnis.

Walaupun harga produk Arka Collection99 sangat terjangkau, saya selalu memperhatikan kualitasnya. “Dalam bisnis saya, kualitas produk selalu menjadi hal yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kami di dalam dan luar negeri,” jelas Arifin.

Baca juga: Bekerjasama dengan PBNU, Shopee Baroka akan menyelenggarakan program ekspor untuk 1.000 pelajar.

• Mengetahui preferensi pelanggan di setiap negara dan melihat peluangnya

Pelanggan di setiap negara memiliki preferensi berbeda. Mengetahui perilaku dan kebutuhan pelanggan di negara tujuan juga harus diperhatikan oleh UKM yang ingin mengekspor. Oleh karena itu, para pelaku bisnis dapat membuat kampanye dan program promosi yang dapat lebih tepat sasaran dan meningkatkan potensi penjualan.

“Saat saya mendaftar di ShopExport, awalnya saya tidak tahu target bisnis saya seperti apa. Namun setelah banyak menjual produk saya, saya menyadari bahwa mereka lebih memilih kemeja batik hitam di Malaysia dan Singapura. dengan strategi bundling kemeja batik hitam dan produk lainnya, sehingga penjualan produk saya yang lain juga semakin meningkat. Informasi ini dapat dilihat dari dashboard Seller Center Shopee yang menyediakan analisis data penjualan secara komprehensif, tambah Arifin.

Baca juga: Pengalaman pelanggan Malaysia membeli produk Indonesia di Shopee

• Berinvestasilah dalam periklanan dengan hati-hati

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan untuk keberhasilan ekspor adalah periklanan. Menurut Arifin, investasi pada periklanan dapat membantu meningkatkan visibilitas dan meningkatkan eksposur merek kepada konsumen. Melalui periklanan yang strategis dan efektif, UMKM dapat menarik perhatian lebih banyak pelanggan sehingga berdampak pada peningkatan penjualan produk UMKM di pasar global.

“Arka Collection99 rutin memasang iklan di shopee untuk menarik pelanggan ke shopee malaysia dan singapura. Sistemnya sama seperti kita ingin beriklan di shopee indonesia, jadi prosesnya sangat mudah. ​​Alhamdulillah kunjungan toko saya meningkat dan penjualan saya terus berlanjut meningkat. “Rata-rata bulanan di Malaysia mungkin ada sekitar 200 pesanan saja, dan mungkin meningkat hingga 2x dalam beberapa bulan,” kata Arifin.

Arifin memiliki visi untuk terus menawarkan lebih banyak variasi batik di tokonya dan semakin memperluas jangkauannya ke pasar ekspor melalui program Shopee Ekspor. Kesuksesan bisnis Arca Collection99 membawa dampak positif bagi warga sekitar tempat tinggal Ariffin di Pekalongan. Bersama sekitar 40 karyawannya, Arifin berencana terus mengembangkan produksi batik lokalnya agar bisa menjangkau lebih banyak pelanggan di pasar internasional.

Baca juga: Shopee berkomitmen mendukung ekspor UMKM Batik agar berdaya saing global.

Baca juga: Shopee mendukung ekspor UMKM lokal melalui “Program Ekspor Shopify”.

Koresponden: Maria Rosari Dwi Putri
Redaktur : Siti Zulaikha
Hak Cipta © ANTARA 2024

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama