IDTH membuka kerjasama universitas untuk penelitian peralatan telekomunikasi-Dicemotion.com

Dicemotion.com-


Jakarta (Antara) – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Ari Setiadi Rumah Uji Digital Indonesia (IDTH) Balai Pengujian Perangkat Telekomunikasi, Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) terbuka untuk kerja sama. dengan universitas.

Kata Budi di Depok, Jawa Barat, Kamis, “Kerja sama untuk melakukan penelitian pengembangan perangkat telekomunikasi.”

Selain mendukung pengembangan talenta digital di bidang pengembangan perangkat telekomunikasi, kerja sama ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas perangkat telekomunikasi yang lebih baik dan aman di pasar Indonesia, ujarnya.

“Pengembangan talenta digital itu penting, dan dalam pelaksanaannya memerlukan kerja sama pentahelix. Termasuk juga kerja sama dengan kampus-kampus. Kini ITDH sudah menjalin kerja sama dengan ITB, UI, ITS, Telkom University dan masih banyak kampus lainnya,” kata Budi.

Baca juga: Menkominfo IDTH mempunyai peran penting bagi ekosistem digital

Baca juga: Menkominfo memastikan VID 2045 akan berlanjut pada pemerintahan berikutnya

Selain untuk menunjang penelitian yang dilakukan perguruan tinggi dengan menggunakan fasilitas pengujian, kata Budi, hal ini juga akan memberikan kesempatan kerja lapangan dan magang bagi mahasiswa, khususnya dari program studi teknik elektro dan telekomunikasi perguruan tinggi tersebut.

Harapannya para mahasiswa ini mendapatkan pengalaman kerja yang baik dari fasilitas pengujian yang memiliki 12 laboratorium tersebut.

Budi berharap kedepannya dapat menciptakan dan mengembangkan kerjasama dengan perguruan tinggi lain untuk meningkatkan inovasi dan talenta digital di bidang telekomunikasi.

“Kita membutuhkan tenaga kerja yang terus berkembang, dan kampus menjadi salah satu tempat dimana talenta digital berkontribusi,” kata Budi.

Sayaharudin, Kepala Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT), menambahkan tidak hanya perguruan tinggi, namun lembaga pengujian di bawah Direktorat Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika bersedia bekerja sama dengan lembaga independen. Peneliti.

Ia mencontohkan, baru-baru ini ia bermitra dengan peneliti independen dan mendukung pengujian peralatan radio untuk digunakan oleh nelayan.

“Kami juga membuka peluang untuk berkolaborasi dengan peneliti di tingkat UKM, menyediakan fasilitas percobaan secara gratis selama tidak untuk tujuan komersial.”

Namun jika penelitian tersebut ingin dikomersialkan, perangkat tersebut harus diuji kembali dan tentunya harus membayar sejumlah biaya sesuai dengan fasilitas yang digunakan.

Baca juga: Menkominfo menegaskan kecepatan internet dan pemerataan bisa berjalan beriringan

Baca juga: Menteri Komunikasi dan Informatika berupaya menyelesaikan sistem identitas digital secepatnya

Koresponden: Livia Christiani
Editor: Zita Meirina
Hak Cipta © ANTARA 2024

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama