Domain Authority Adalah: Pengertian, Manfaat dan Cara Mengeceknya | dicemotion.com

Ketika berbicara tentang SEO untuk mendorong pertumbuhan website, Anda perlu mengetahui beberapa faktor.

Menurut para ahli, ada lebih dari 200 faktor yang perlu dipertimbangkan saat mengoptimalkan website Anda. Salah satu faktor terpenting adalah Domain Authority (DA).

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan apa itu Domain Authority (DA), manfaat Domain Authority, dan cara mengecek Domain Authority Anda.

Mari kita bahas semuanya di sini!



Pengertian Domain Authority

Apa itu Domain Authority? Domain Authority adalah metrik khusus yang dihitung oleh MOZ, perusahaan SAAS terkenal, untuk memperkirakan kemungkinan website mendapat peringkat tinggi dalam hasil pencarian.

Domain Authority bukan metrik Google, tetapi dengan menghitung metrik dapat membantu pengoptimalan mesin telusur. Dengan analis yang tepat dan meningkatkannya, Anda pasti dapat meningkatkan peringkat website Anda.

Skor ini dihitung dengan menganalisis website Anda secara menyeluruh dan mempertimbangkan faktor-faktor tertentu. Hal terpenting untuk dianalisis saat menghitung skor DA website adalah kualitas dan kuantitas backlink.

Apakah Domain Authority Penting?

Pertanyaan utama yang muncul di benak adalah mengapa penting untuk mempertahankan DA meskipun itu bukan metrik Google? Mesin pencari dengan jelas menyatakan bahwa mereka tidak menganalisis DA untuk menentukan peringkat website, jadi tidak ada yang salah dengan pernyataan ini.

Namun, ini masih merupakan metrik penting karena berdampak langsung pada posisi situs web. Penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi langsung antara Domain Authority dan peringkatnya.

Sederhananya, DA tidak memengaruhi peringkat, tetapi DA memberi tahu Anda berapa banyak ruang yang dibutuhkan website Anda untuk mendapatkan peringkat yang baik. Oleh karena itu penting untuk melihat skor ini dan menstabilkan atau meningkatkannya jika perlu.

Skor Domain Authority yang bagus

Skor DA bervariasi dari 0 hingga 100. Ini adalah skala khusus yang ditetapkan oleh MOZ. Tetapi pertanyaannya adalah, “Haruskah saya selalu menargetkan skor 100 DA?” Jawaban sederhana untuk pertanyaan ini adalah tidak.

Jangan mencoba untuk mendapatkan skor 100 DA di website. Jika demikian, Anda mungkin menggunakan teknik yang salah.

Sebenarnya tidak ada skor ideal yang bisa ditawarkan di sini atau ditemukan di panduan lain. Satu-satunya hal yang kami sarankan adalah mengalahkan Domain Authority Website pesaing Anda. Dengan cara ini, tujuan memperoleh atau mempersiapkan posisi yang lebih tinggi dapat tercapai.

Dengan kata lain, skor DA ideal sebuah website tinggi daripada skor DA pesaingnya.

Apa Manfaat Domain Authority?

Domain Authority menguntungkan Anda dan website Anda. Manfaat paling menarik dari Domain Authority adalah peringkat yang lebih tinggi. Di bawah ini adalah beberapa manfaat lain dari Domain Authority dalam Search Engine Optimization (SEO).

  • Meningkatkan peringkat SERP
  • Menarik perhatian orang lain untuk guest post dan berkomentar
  • Menarik perhatian pengiklan
  • Memungkinkan Anda untuk mendapatkan posting yang disponsori seperti content placement

Cara Mengecek Domain Authority

Sekarang, Anda telah menerima informasi yang cukup tentang DA dan manfaatnya. Anda mungkin ingin tahu berapa score Domain Authority Anda.

1. MOZ

Seperti yang telah kami sebutan, Domain Authority dihitung oleh MOZ. Oleh karena itu, tidak ada alat cek da pa yang lebih baik dari MOZ itu sendiri.

Alat ini memungkinkan Anda untuk menganalisis skor DA, PA, dan spam dari situs web mana pun secara real time.

Berikut ini cara menggunakan MOZ:

1. Install Extension MOZBar di Chrome



2. Daftar atau login ke akun MOZ
3. Search Domain Anda di Chrome
4. Secara otomatis MOZ akan menampilkan score Domain Authority Anda seperti ini


2. Webseochecker

Alat cek Domain Authority andalan saya adalah webseochecker. Dengan alat ini Anda dapat cek Domain Authority sekaligus dengan Page Authority website Anda gratis. Tentunya Anda tidak perlu daftar.
1. Akses webseochecker di browser
2. Cantumkan Domain Anda
3. Verifikasi Captcha
4. Lihat hasilnya



kesimpulan

Bagi saya sendiri, Domain Authority tidak begitu penting. Karena menurut pengalaman saya, konten lah yang paling berpengaruh terhadap peringkat SERP.

Domain Authority saya jadikan acuan untuk mengetahui seberapa berkualitas backlink yang mengarah ke website saya. Karena backlink yang berkualitas akan membuat Domain Authority meningkat.

Di sisi lain, Google sangat menyukai artikel yang memiliki reputasi baik. Contoh artikel yang memiliki reputasi baik adalah artikel yang banyak di jadikan referensi oleh orang lain.

Biasanya orang lain akan menautkan backlink yang mengarah ke sumber.

Semakin banyak backlink yang berkualitas, semakin mudah artikel naik peringkat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama