6 Cara Memutar YouTube di Latar Belakang (Background) | dicemotion.com

Saya sangat kesal ketika saya lagi nonton video di YouTube lalu tiba-tiba ada pesan Whatsapp masuk, karena pesannya sangat panjang tidak bisa dilihat semuanya melalui notifikasi, akhirnya saya buka saja Whatsapp-nya dan disitulah video yang saya tonton berhenti terkadang juga hilang jadi saya harus menontonnya lagi.

Sejak saat itulah saya berinisiatif untuk mencari cara bagaimana agar video yang saya tonton di YouTube tidak berhenti saat saya membuka aplikasi lain.

YouTube adalah platform video terbesar dan paling banyak digunakan di dunia. Dilansir dari situs katadata.co.id berdasarkan data Business of Apps, pengguna aktif YouTube mencapai 2,63 miliar sejak kuartal 3 pada tahun 2022. Selain banyak penggunanya, YouTube juga memiliki banyak creator-nya, jadi tidak perlu heran lagi jika video apapun yang Anda cari semuanya ada di YouTube.

Itulah salah satu alasan saya mengapa lebih tertarik menggunakan YouTube daripada media video lainnya.

Karena banyaknya creator, YouTube akhirnya memunculkan fitur monetisasi untuk menghargai para creator. Creator YouTube akan digaji jika mereka sudah bergabung menjadi mitra dan menampilkan iklan di sela-sela video mereka.

Bukan hanya itu, baru-baru ini YouTube mengumumkan fitur hapus iklan untuk pengguna berbayar yang nantinya uang tersebut akan dibagi dengan para creator yang sudah bergabung menjadi mitra atau publisher. Selain itu juga pengguna berbayar bisa memutar YouTube di latar belakang tanpa takut berhenti.

Fitur nonton video YouTube di latar belakang memang sangat membantu bagi para pengguna, apalagi yang suka dengerin musik secara online di YouTube dan tidak ingin terganggu oleh iklan.

Namun bagi saya yang nonton video di YouTube hanya di sela-sela waktu kosong saja, harga langganan 59.000 rupiah perbulan itu cukup mahal. Lebih baik saya tabung.

Beruntung saya menemukan tutorial cara memutar YouTube di latar belakang di HP Android dan iPhone tanpa berlangganan. Mungkin saja Anda juga tidak ingin berlangganan YouTube Premium hanya untuk menonton beberapa video saja.

Cobalah beberapa cara berikut ini yang telah saya coba untuk memutar vidio YouTube di latar belakang secara gratis.

Cara Memutar YouTube di Latar Belakang

1. Mode Desktop Android

Bagi pengguna Android gunakan Chrome mode Desktop untuk memutar YouTube di latar belakang. Cara lengkapnya sebagai berikut:

  1. Buka Chrome, klik titik tiga dan aktifkan mode Desktop.



  2. ketikan url YouTube m.youtube.com lalu enter untuk membuka situs YouTube.

  3. Cari dan pilih video yang ingin Anda putar.
  4. Lalu kembalilah ke beranda HP Anda dengan menekan tombol home (jangan tekan tombol kembali). Atau Anda bisa beralih ke aplikasi lain jika Anda tidak mengerti.
  5. Secara otomatis video yang Anda tonton akan terus diputar.

2. Picture-in-Picture Xiaomi

Picture-in-Picture (PiP) artinya adalah gambar dalam gambar, merupakan fitur khusus yang berfungsi untuk membuka aplikasi di atas aplikasi lain, fitur ini sangat membantu pengguna Android melakukan banyak tugas, termasuk memutar YouTube di latar belakang.

Fitur ini baru saya temukan di HP Xiaomi, jadi tutorial ini khusus Xiaomi. Jika Anda pengguna HP merek lain, Oppo, Vivo, Samsung dan penasaran coba ganti bahasa HP Anda ke bahasa Indonesia, lalu ikuti cara lengkapnya berikut ini:

  1. Buka pengaturan dan cari gambar dalam gambar menggunakan kotak pencarian di pengaturan HP Anda. Setelah ketemu lalu klik.

  2. Pilih aplikasi YouTube dan klik izinkan gambar dalam gambar.
  3. Putar satu video di YouTube lalu tekan tombol Home, nanti ada video yang melayang di layar HP. Buka saja aplikasi lain jika Anda mau, video YouTube yang Anda putar tidak akan berhenti.
  4. Jika tidak berhasil, putar video YouTube di Chrome pada mode biasa dan klik layar penuh, biasanya ada di bawah kanan video.
  5. Tekan tombol home.

3. iPhone

Walaupun HP iPhone tidak ada fitur Picture-in-Picture untuk memutar YouTube di latar belakang, tapi Anda dapat menggunakan browser Safari sebagai alternatif nya.

  1. Buka browser Safari di iPhone dan akses situs YouTube.
  2. Cari dan pilihlah video yang ingin Anda putar di latar belakang.
  3. Tekan tombol Home, secara otomatis video akan berhenti.
  4. Geser atau usap layar dari atas ke ke bawah untuk membuka control center iPhone
  5. Kemudian Tap play, maka video yang Anda tonton akan diputar kembali. Hanya saja video di putar di latar belakang ( tanpa menampilkan video) tapi suara tetap ada.

4. YouTube Vanced

YouTube Vanced adalah aplikasi YouTube versi modifikasi. Aplikasi ini sangat mirip, yang membedakan aplikasi YouTube original dengan Vanced adalah pada warna, dan YouTube Vanced memberikan akses premium secara gratis.

Anda dapat menonton semua video YouTube tanpa iklan dan Anda juga dapat memutar YouTube di latar belakang.

Cara menggunakan YouTube Vanced:

  1. Download aplikasi YouTube Vanced di situs resminya.
  2. Install YouTube Vanced dan buka aplikasinya.
  3. Cobalah putar satu video dan tekan tombol Home. Maka video yang Anda putar akan melayang di atas layar. Anda dapat memutar video sambil membuka aplikasi lain seperti WhatsApp dan Facebook.

5. Split Screen

Split Screen adalah fitur untuk membagi layar aplikasi untuk membuka dan menjalankan aplikasi lain. Fitur ini biasanya ada pada HP Android 7 ke atas. Untuk pengguna Xiaomi Anda dapat mengikuti tutorial di bawah ini.

  1. Buka pengaturan dan pilih setelan tambahan.
  2. Pilih pintasan tombol
  3. Pilih split screen
  4. Pilih dengan cara apa Anda ingin mengaktifkan split screen. Misalnya menggunakan tombol kembali.
  5. Buka YouTube dan tekan tombol kembali, kemudian pilih aplikasi mana yang ingin Anda jalankan secara bersamaan dengan YouTube.

6. Jendela Mengambang

Lagi-lagi fitur yang hanya saya temukan di HP Xiaomi yaitu Jendela Mengambang. Fitur ini berfungsi untuk mengambangkan aplikasi di atas aplikasi lain.

Fitur ini bisa Anda gunakan untuk memutar YouTube di latar belakang. Berbeda dengan tutorial sebelumnya, Anda harus membuka aplikasi lain terlebih dahulu sebelum membuka dan menonton video YouTube. Tutorial lengkapnya dibawah ini:

  1. Buka aplikasi yang ingin Anda jalankan bersamaan dengan YouTube.
  2. Geser atau usap layar HP dari atas ke bawah untuk membuka control center.
  3. Aktifkan jendela mengambang.
  4. Pilih aplikasi YouTube dan tonton video.
  5. Selesai, Anda sekarang dapat memutar YouTube di latar belakang sambil membuka aplikasi lain.

Baca juga: 5 Cara Transfer Saldo OVO ke Dana Tanpa Verifikasi KTP

Kesimpulan, begitulah cara menonton atau memutar YouTube di latar belakang saat atau sambil membuka aplikasi lain di HP Android dan iPhone. Tutorial nya sangat mudah bukan. Share artikel ini kepada teman dan keluarga Anda yang belum mengetahui nya.

Berkomentar jika Anda ingin memberikan saran, tanggapan, dan lain sebagainya. Terimakasih karena telah meluangkan waktu disini.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama