10 Cara Mudah Meningkatkan Performa Android Tanpa Root | dicemotion.com


Cara meningkatkan performa Android tanpa root untuk mempercepat kinerja smartphone.

Saat ini adalah era teknologi, semua aktivitas kebanyakan berhubungan dengan teknologi terutama dengan ponsel pintar atau kebanyakan orang menyebutnya smartphone.

Hampir semua kalangan memiliki smartphone Android. Karena menurut sebagian orang smartphone sangat penting untuk menunjang aktivitas, misalnya para pebisnis menggunakan smartphone Android dalam menjalankan bisnisnya, pelajar menggunakan smartphone Android untuk mencari informasi dan menyelesaikan tugas serta aktivitas lainnya.

Karena terlalu sering menggunakan smartphone Android, terkadang kita menghadapi masalah seperti smartphone Android lemot dan macet. Hal ini tentu menjadi masalah dan menyulitkan kita. Apalagi jika smartphone Android yang Anda gunakan memiliki spesifikasi yang rendah, Anda perlu meningkatkan performa Android Anda terutama di Android RAM 2GB.

Untuk meningkatkan performa Android bisa dilakukan tanpa root Android, karena saat Android di root biasanya terasa lambat dan membutuhkan aplikasi tambahan untuk mendongkrak performa Android yang sudah di root.

Berikut pembahasan cara mengatasi android lemot tanpa rooting.

1. Uninstall Sebagian Aplikasi

Salah satu penyebab android lemot dan hang adalah karena terlalu banyak aplikasi yang terinstall di HP android.

Bayangkan perangkat Android Anda hanya memiliki ruang penyimpanan 4GB dan banyak aplikasi yang diinstal. Tentu saja, ini adalah alasan yang dapat memperlambat kinerja Android Anda, karena sebagian besar aplikasi memperlambat kinerja memori penuh.

Jadi, Anda cukup uninstall beberapa aplikasi untuk membebaskan memori yang ada. Anda juga perlu berhati-hati saat meng-uninstall aplikasi, sebaiknya cari tahu dulu aplikasi mana yang penting dan mana yang tidak penting dan jarang digunakan, lalu hapus aplikasi yang tidak perlu tersebut.

2. Kurangi Pemasangan Widget

Widget sangat membantu kita mempermudah pengoperasian di Android, mempermudah membuka aplikasi (shortcut) dan melihat prakiraan cuaca untuk widget cuaca.

Namun, memasang terlalu banyak dan terlalu banyak widget akan memperlambat HP Android Anda dan menyebabkannya macet. Oleh karena itu, Anda harus mengurangi penggunaan widget dan memasang widget secukupnya dan hanya yang penting saja.

3. Hapus Histori Aplikasi

Menghapus riwayat mempercepat kinerja Android. History disini bukan hanya history dari browser seperti Mozilla, Google Chrome, dll, tapi juga history dari aplikasi yang pernah anda buka.

Misalnya, ketika Anda membuka Facebook, Instagram, Calculator, Games, dan menutup aplikasi, itu meninggalkan jejak yang disebut History.

Coba bayangkan jika Anda tidak menghapus riwayat selama 1 atau 2 minggu, ponsel Android Anda akan melambat. Itulah mengapa yang terbaik adalah menghapus riwayat seluler Anda setiap hari.

Membersihkan riwayat juga sangat mudah, Anda hanya perlu menekan tombol kiri (di sebelah tombol home) atau tombol home (ponsel yang berbeda menggunakan metode yang berbeda) untuk melihat riwayat aplikasi yang Anda buka lalu klik Hapus Semua (×).

4. Jangan Menggunakan Live Wallpaper

Live Wallpaper membuat ponsel Android Anda terlihat sangat keren.

Namun, menggunakan live wallpaper dari waktu ke waktu menghabiskan baterai dan memori Hp Anda karena terus berjalan, yang menyebabkan lambatnya kinerja perangkat android Anda terutama ketika memori perangkat android Anda sangat kecil.

Kami menyarankan Anda untuk tidak menggunakan wallpaper hidup terlalu sering atau tidak sama sekali (jika Anda memiliki banyak penyimpanan dan RAM, itu tidak masalah), tetapi ada banyak gambar bagus lainnya yang dapat Anda gunakan sebagai pengganti live wallpaper.

5. Hindari Penggunaan Launcher di Smartphone

Menggunakan launcher di smartphone Android Anda akan membuat smartphone Anda terlihat berbeda dan sedikit lebih keren dari aslinya.

Namun menurut pengalaman saya sendiri smartphone saya sering hang bahkan macet saat menggunakan launcher, jadi sebaiknya hindari saja penggunaan launcher dan biarkan saja tampilan asli smartphone anda karena lebih baik dan melindungi dari performa yang buruk.

6. Ruang Penyimpanan Yang Terlalu Sedikit

Ruang penyimpanan atau memori internal berdampak kuat pada jumlah aplikasi yang dapat kita pasang dan jumlah file yang dapat kita simpan.

Ketika penyimpanan internal Anda rendah, aplikasi dan file yang dapat disimpan juga lebih sedikit, dan sebaliknya.

Untuk meminimalisir penggunaan penyimpanan internal, ubah penyimpanan file seperti dokumen, aplikasi mentah, musik dan video ke penyimpanan eksternal dengan kapasitas yang lebih besar agar penyimpanan internal tidak kelebihan beban untuk meningkatkan performa android Anda.

7. Hentikan Aplikasi Yang Berjalan di Latar belakang

Saat Anda menggunakan smartphone Android, banyak aplikasi yang berjalan tanpa disadari di latar belakang Android bersamaan dengan aplikasi yang sedang Anda buka.

Ini juga ditandai dengan lambatnya kinerja Android di smartphone Anda, jadi saya sarankan untuk menghentikan semua aplikasi yang sedang berjalan yang tidak lagi Anda perlukan saat itu.

Jika Anda ingin menghentikan aplikasi, Anda hanya perlu masuk ke pengaturan Android > aplikasi > cari dan pilih aplikasi > lalu pilih paksa berhenti. Perhatikan bahwa pengaturan setiap smartphone berbeda-beda, jadi sesuaikan saja untuk smartphone Anda.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi Greenify untuk menghentikan atau hibernasi aplikasi Android secara otomatis tanpa root. Anda dapat download aplikasi Greenify gratis di Play Store.

8. Minimalisir Penggunakan Antivirus Dan Sejenisnya

Antivirus memang sangat berguna untuk melindungi perangkat android anda dari serangan virus, namun anda harus pandai-pandai menentukan antivirus mana yang mampu, karena menurut pengalaman saya sendiri, ketika anda menggunakan antivirus justru mengundang virus itu sendiri dan memperlambat android saya dan makan memori.

Kalau bisa gunakan antivirus bawaan dari hp android kalian, karena hp terbaru kini sudah dilengkapi dengan antivirus bawaan, yang bisa membantu kalian mengatasi virus yang masuk dan juga tidak mempengaruhi kinerja android saat kalian menggunakan antivirus.

9. Restart Smartphone Android

Jika Android Anda terasa lambat, Anda tinggal me-restart ponsel Anda.

Manfaat restart smartphone android adalah mengistirahatkan sejenak dan mematikan semua aplikasi yang berjalan agar kembali dalam keadaan bersih karena sistem operasi dan software juga istirahat sejenak dan berhenti bekerja.

Jadi me-restart ponsel Android Anda adalah pilihan yang tepat ketika ponsel Anda lemot atau lag.

10. Gunakan Aplikasi CCLEANER

Terakhir, gunakan aplikasi bernama CCleaner. Tugas CCleaner adalah membersihkan seluruh sampah (cache) aplikasi di Android.

Program ini tidak hanya dapat membersihkan sampah, tetapi juga dapat membersihkan sisa-sisa pesan masuk, panggilan masuk dan keluar tanpa harus repot menghapusnya satu per satu.

Aplikasi ini juga dapat membebaskan memori ponsel Anda dan meningkatkan penyimpanannya karena akan menghapus semua file sampah yang menghabiskan penyimpanan.

Baca juga: Emulator Android Terbaik Untuk PC

Penutup

Demikian artikel tentang 10 Cara meningkatkan performa Android tanpa root. Terapkan tips ini untuk mempercepat kinerja smartphone Android Anda. Ok sekian pembahasan kali ini, semoga tips ini membantu, sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama