6 Emulator Android Terbaik Ringan di PC dan Laptop | dicemotion.com

Sampai saat ini Android masih menjadi rajanya operasi sistem untuk smartphone. Hal ini karena OS Android sangat nyaman digunakan, dan banyak sekali aplikasi yang mendukung OS Android.

Terlebih lagi sekarang OS Android bisa digunakan di PC dengan bantuan emulator Android sehingga pengguna PC yang ingin menjalankan aplikasi dan game Android tidak perlu lagi beralih dari PC ke smartphone android.

Emulator Android sendiri banyak sekali pilihannya. Anda bisa mendapatkannya gratis di internet. Namun, dari banyaknya emulator Android, tidak semua emulator Android berjalan dengan baik di PC, Laptop, maupun Komputer.




Emulator Android Terbaik Ringan di PC dan Laptop

Karena itu artikel ini terbit untuk merekomendasikan emulator Android terbaik ringan untuk menjalankan aplikasi android di PC.

1. Remix OS Player


Emulator Android yang bisa Anda coba adalah Remix OS. Remix OS sebenarnya adalah sistem operasi berdasarkan proyek Android x86. Namun kini Remix OS sudah bisa anda install di komputer anda baik Windows maupun macOS dengan cara portable yang artinya kini Remix OS hadir dalam bentuk emulator sehingga anda tidak perlu menginstal sistem operasi selama proses instalasi yang cukup rumit.

Didesain sempurna dengan fitur-fitur menarik, Remix OS sangat cocok untuk Anda pecinta game Android karena bisa dengan mudah dan natural memainkan game Android di layar yang lebih besar di PC. Selain itu, Remix OS juga sangat ringan digunakan di PC.

2. LeapDroid


LeapDroid adalah emulator Android teringan dan terbaik yang diakuisisi oleh Google tahun lalu, sayangnya sekarang pembaruan dinonaktifkan. Tapi Anda masih dapat mengunduh emulator ini dari berbagai sumber. Walaupun update dan website resminya sudah dinonaktifkan, emulator ini tetap yang terbaik menurut saya karena berjalan dengan lancar di komputer dengan spesifikasi rendah seperti RAM 2GB. Oleh karena itu, sangat cocok untuk Leapdroid yang disebut sebagai emulator Android untuk komputer kelas bawah.

Tentunya hal tersebut menjadi rekomendasi bagi Anda jika ingin menggunakan emulator android yang ringan dan tentunya gratis. LeapDroid menjalankan Android 4.4 KitKat yang dilengkapi dengan aplikasi bawaan seperti Browser, Kamera, dan Google PlayStore. Layar utama juga memiliki tombol untuk mengunduh game populer seperti Clash of Clans, Clash Royale, dan lainnya.

Selain itu Anda juga bisa install Android APK dari PC karena dilengkapi dengan fitur untuk export data dari emulator ke PC.

3. Nox Player


Nox Player adalah emulator Android yang ringan, kaya fitur, gratis, mudah digunakan dan yang terpenting berjalan lancar dengan RAM 2GB. Nox player sangat cocok untuk bermain game seperti Mobile Legends, AOV, Rules of Survival dan masih banyak lagi game lainnya. Karena nox player dirancang untuk menjadi emulator android terbaik untuk game. Tak heran jika kita melihat banyak youtuber yang memainkan game Android di PC menggunakan emulator Nox Player.

Dalam hal antarmuka pengguna, sangat mengesankan dengan tampilan cantik dan dilengkapi dengan semua fitur seperti pemotongan, tangkapan layar, pengaturan keyboard, getaran layar, perekaman layar dan juga memiliki menu khusus untuk mengatur tombol yang digunakan untuk bermain dengan keyboard dan joystick . Selain itu juga terdapat menu untuk mengatur nox player agar tidak goyang.

4. BlueStacks


Lalu ada emulator android legendaris yaitu BlueStacks. Ya, semua orang pasti sudah mengenal BlueStacks karena BlueStacks adalah awal dari lahir dan berkembangnya emulator Android lainnya. Meskipun BlueStacks tidak sepopuler sebelumnya, namun tetap menjadi emulator terbaik dan rasanya kurang jika emulator BlueStacks tidak disebutkan dalam daftar ini karena emulator ini merupakan titik awal bagi emulator lainnya.

BlueStacks sampai saat ini terus menerima update dari developer. BlueStacks sudah diinstal sebelumnya dengan Google Play Store, memberi Anda akses ke lebih dari 2 juta aplikasi dan game dari Play Store. Selain itu, keuntungannya adalah Anda juga dapat melakukan streaming Facebook melalui fitur BlueStacks TV. Emulator ini juga mendukung multitasking seperti di HP Android.

5. AMIDuOS


AMIDuOS adalah emulator Android baru yang dikembangkan oleh American Megatrends, sebuah perusahaan yang berbasis di Georgia. Emulator ini mendukung dua sistem operasi yaitu OS Lollipop 5.1 dan Jelly Bean. Walaupun emulator ini belum banyak dikenal, namun kinerjanya juga sangat baik untuk produktivitas, seperti untuk penggunaan kantoran, pekerjaan rumahan, dll, namun kurang cocok untuk bermain game.

6. MEmu


MEmu adalah emulator Android yang tangguh untuk Windows dan Android Lollipop. Namun saat pertama kali menginstalnya, Anda akan disuguhkan Android Jelly Bean yang mengharuskan Anda mengupdate ke Lollipop untuk menggunakan versi terbaru. Selain performanya yang hebat, emulator ini cukup ringan untuk dijalankan di PC Anda.

Selain itu, MEmu juga dibundel dengan APK di Windows, sehingga Anda juga dapat menginstal aplikasi Android yang tersimpan di Windows. MEmu juga mendukung pemetaan keyboard, sehingga Anda dapat menetapkan tombol tertentu untuk mensimulasikan menyentuh area tertentu pada layar. Selain itu, ini mendukung mode layar penuh, tangkapan layar, kill process yang nyaman, perekaman layar, dan beberapa fitur lainnya. MEmu juga menyertakan alat “Log Penggunaan” yang menarik yang memungkinkan Anda merekam tindakan layar sentuh tertentu dan memutarnya kembali kapan saja untuk mengotomatisasi kan tugas saat dalam perjalanan.

Penutup, Ini adalah emulator Android terbaik untuk PC. Cobalah emulator android yang sesuai dengan keinginan Anda dan semoga bisa menjadi rekomendasi terbaik. Ok cukup sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama