Tekomsel Siapkan Strategi Agar Sinyal Tetap Kuat saat Mudik Lebaran -dicemotion.com



Tekomsel Siapkan Taktik Agar Sinyal Tetap Kuat saat Mudik Lebaran





DiceMotion.com – Hallo sobat dicemotion.com, dalam artikel kali dicemotion.com kali ini,akan membahas seputar informasi terkini dan terlengkap tentang gadget, aplikasi, dan tren terbaru. dicemotion.com menyediakan artikel yang informatif dan bermanfaat mengenai berbagai macam topik teknologi, mulai dari perangkat keras, perangkat lunak, keamanan siber, hingga pengembangan web dan mobile. Kami juga memberikan tips dan trik yang berguna untuk memperbaiki masalah teknis dan meningkatkan performa perangkat Anda.Jelang musim mudik Lebaran banyak hal sudah dipersiapkan. Pemerintahan melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan kelaikan semua armada transportasi demi kenyamanan pemudik. Infrastruktur jalan juga diperbaiki, yang belum rampung dikebut pengerjaannya baik oleh pengelola jalan tol dari BUMN dan swasta sampai Kementerian PUPR. Operator seluler juga mempersiapkan diri buat memastikan tingginya trafik telekomunikasi dan data internet saat momentum mudik Lebaran menambah membuat sinyal jadi cenat-cenut.


Hal ini dipastikan oleh operator seluler (Opsel) pelat merah, Telkomsel. Melalui program tahunan Rafi atau Ramadan dan Idul Fitri, Telkomsel memprediksi kalau selepas pandemi Covid-19, masyarakat yang akan sedang perjalanan mudik Lebaran akan sangat banyak.


Galumbang Pasaribu, VP Dunia Network Operation Telkomsel menjelaskan pihaknya merasa perlu melakukan sejumlah langkah supaya menambah terjadi penumpukan saat terjadi kemacetan lalu lintas di satu wilayah yang menjadi rute utama saat mudik Lebaran.


“Untuk memastikan pengalaman pengguna tetapi baik saat perjalanan Mudik Lebaran, kami mempersiapkan 490 Point of Interest (PoI). Selain itu, untuk mendukung layanan dan teknis, kami juga mempersiapkan 173 Posko Siaga, 18 Posko Utama dan 155 Posko Reguler Posko disiapkan bagi stand-by di sepanjang rute-rute mudik Lebaran selama 15 hari,” ujar Galumbang di acara temu media terkait persiapan Rafi di Cirebon, Jawa Barat.


Secara total, untuk wilayah Sumatera, Telkomsel menyebar enam Posko Utama, 44 reguler dan 151 PoI. Untuk Jabodetabek, Jabar, juga disiapkan enam Posko Utama, 38 Reguler dan 117 PoI, Jawa Bali tiga Posko Utama, 47 Reguler dan 156 PoI sementara wilayah Pamasuka atau Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan dengan lima Posko Utama, 26 Reguler dan 66 PoI.


“Di sisi network bagi mengantisipasi kapasitas jaringan selama momen Ramadan dan khususnya menyambut Idul Fitri dan mudik Lebaran, kita memprediksi peak payload berada di angka 51,6 petabyte. Momen puncak RAFI biasanya akan berada di H-1 Idul Fitri,” lanjut Galumbang.


Sejalan Berhubungan dengan prediksi sebelumnya, media sosial (medsos) juga diperkirakan akan mengalami kenaikan dan Tidak beradab di angka 6,2 persen, video streaming 15,6 persen, online gaming 32,4 persen, komunikasi 20 persen dan E-Commerce diprediksi naik tujuh persen. “Di manapun konsumen melakukan perjalanan mudik, kami pastikan jaringan kita berjalan Berhubungan dengan baik,” tegas Galumbang.


Guna mengantisipasi pergerakan trafik selama momen Rafi 2023 ini, keseluruhan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan Telkomsel juga difokuskan pada 59 area residensial, 68 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan), 315 area spesial (pusat pelayanan publik, alun-alun kota, dan pusat perbelanjaan), 28 area jalur mudik utama, serta 20 masjid raya.


Serangkaian uji jaringan di jalur mudik Berhubungan dengan jarak tempuh sepanjang 17.895 Km juga telah dilakukan Telkomsel guna memastikan pengamanan kualitas dan ketersediaan jaringan, termasuk yang menjangkau 2.725 ruas akses tol utama di segala Indonesia.


Penguatan kapabilitas infrastruktur jaringan juga telah dilakukan melalui peningkatan kapasitas 277 unit BTS 4G/LTE, penambahan 221 unit BTS 4G/LTE baru, serta mengoperasikan tambahan 53 unit Compact Mobile BTS (Combat), melengkapi lebih dari 260.000 unit BTS Telkomsel yang melayani 96 persen wilayah populasi di Indonesia dan hampir seluruhnya telah didukung teknologi broadband 4G/LTE.


Upaya lain yang telah dipersiapkan Telkomsel yakni Berhubungan dengan menambah kapasitas jaringan untuk GGSN (Gateway GPRS Support Node) sehingga total menjadi 11.772 Gbps. Sedangkan bagi Internet, terdapat penambahan kapasitas sehingga total menjadi 12.590 Gbps.


Untuk kemudahan layanan suara berbasis teknologi 4G/LTE, jaringan teknologi VoLTE (Voice over LTE) Telkomsel telah tersedia di 514 kota/kabupaten di segala Indonesia yang dapat digunakan pada lebih dari 100 tipe smartphone.




Terima Kasih telah membaca artikel dicemotion.com,Jangan lewatkan informasi tentang gadget dan aplikasi terbaru, serta tips dan trik yang berguna untuk meningkatkan performa perangkat Anda. dicemotion.com menyediakan berbagai macam artikel seputar teknologi yang informatif dan terpercaya,ikuti terus dan tetap terhubung denga dicemotion.com.

#dicemotion, #teknologi, #gadget, #aplikasi, #tips, #performa, #terpercaya, #tren, #perkembangan, #terbaru, #wawasan, #keamanan, #perbarui, #privasi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama