Kaspersky: 50 Juta Serangan Siber di Indonesia, Perangkat Pribadi Karyawan Jadi Sasaran-dicemotion.com

 

Kaspersky: 50 Juta Serangan Siber di Indonesia, Perangkat Pribadi Karyawan Jadi Sasaran-dicemotion.com

Dicemotion-Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan keamanan siber, Kaspersky, mengungkapkan adanya peningkatan signifikan serangan siber di Indonesia sepanjang tahun 2022. Berdasarkan laporan Kaspersky Security Network (KSN), tercatat lebih dari 51 juta insiden lokal yang terdeteksi pada komputer di Tanah Air.

Juru Bicara Kaspersky Asia Tenggara, Yeo Siang Tiong, mengatakan bahwa serangan siber tersebut memanfaatkan perangkat pribadi karyawan yang terhubung dengan jaringan perusahaan. Kebijakan Bring Your Own Devices (BYOD) yang diterapkan banyak perusahaan menjadi celah bagi pelaku kejahatan siber.

"Perangkat milik karyawan tidak selalu terlindungi dari serangan siber, sehingga dapat menjadi ancaman bagi keamanan perusahaan," kata Yeo.

Kaspersky mendeteksi sebanyak 111 juta ancaman pada perangkat BYOD di Indonesia tahun lalu. Ancaman tersebut berasal dari serangan worm dan virus file. Hal ini menempatkan Indonesia pada posisi ke-66 secara global dalam deteksi ancaman lokal.

Menurut Yeo, untuk mengatasi tantangan ini, perusahaan perlu menerapkan kebijakan keamanan yang berlaku untuk semua perangkat, terlepas dari platformnya. Rangkaian keamanan bisnis tradisional tidak lagi memadai untuk melindungi ponsel cerdas dan tablet.

"Perusahaan harus memperlakukan perangkat pribadi seperti perangkat milik perusahaan dan memastikan keamanan jaringan mereka di luar kantor," jelas Yeo.

Lebih lanjut, Kaspersky menyarankan beberapa langkah untuk melindungi perangkat pribadi karyawan dari serangan siber:

* Menggunakan perangkat lunak antivirus dan keamanan yang terkini

* Memperbarui sistem operasi dan aplikasi secara teratur

* Membatasi akses ke data sensitif

* Hanya mengunduh aplikasi dari sumber terpercaya

* Waspada terhadap email atau pesan mencurigakan

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, perusahaan dapat mengurangi risiko serangan siber yang dapat mengancam keamanan data dan reputasi bisnis

Berita ini di kutip dari Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20240301154956-37-518967/50-juta-teror-siber-ancam-ri-di-2023-paling-parah-sedunia

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama