Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan sebagian besar pengembang game berada di Pulau Jawa.-Dicemotion.com

Dicemotion.com-


JAKARTA (Antara) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengungkapkan banyak pengembang game di Indonesia yang fokus di Pulau Jawa, termasuk Jakarta.

Hal ini disebabkan berbagai hal, antara lain belum terdistribusinya sumber daya manusia dan talenta digital bahkan di daerah lain.

Samuel Abrijani Pangarapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (APTICA), mengatakan pengembang game cenderung bekerja dalam tim.

Baca juga: Enam Pengembang Game Indonesia Hadiri Konferensi Dunia di San Francisco

Baca juga: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengapresiasi program pelatihan pengembang game lokal

Makanya kita keliling untuk mengembangkan demand, dan mungkin talenta digital masih belum merata. Biasanya ada game center di Bandung, Jojaja, Malang, Jakarta, Bali, dan Batam. Mereka suka banget kerja sama tim, kata Samuel. kata di Jakarta, Rabu.

Ato Samuel menambahkan, tidak ada masalah dalam memahami cara membuat bisnis game dari segi infrastruktur.

Beberapa upaya telah dilakukan untuk meningkatkan kesadaran pengembangan game melalui berbagai program, antara lain IGDX (Indonesian Game Development Exchange) yang memberikan pelatihan untuk booth camp dan dukungan bagi pengembang game.

“Tidak ada masalah dengan infrastruktur. Itu hanya berasal dari talenta digital, memahami cara membuat bisnis gaming itulah yang kami lakukan, makanya ada yang namanya IGDX untuk pelatihan dan bootcamp. “Mirip dengan apa yang kami lakukan di startup, tapi ini adalah sebuah permainan,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dirilis Kementerian Komunikasi dan Informatika mengenai peta lokasi pengembang game di Indonesia, 9,6 persen pengembang berada di Sumatera, 20,5 persen di Jakarta, dan 2,4 persen di Kalimantan.

Begitu juga di Sulawesi 2,4 persen, Bali-Nusa Tenggara 8,4 persen, Maluku-Papua 1,2 persen, dan terbesar di Pulau Jawa sebesar 55,4 persen.

Sementara itu, sebagai salah satu industri unggulan dalam proses transformasi digital nasional, Kementerian Komunikasi dan Informatika terus menjalin kerja sama dengan berbagai entitas untuk mendorong perkembangan industri pengembangan game di Indonesia. Tujuan ini adalah menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah dalam pengembangan teknologi dan industri game nasional.

Industri game Indonesia sendiri merupakan salah satu fokus Rencana Berkelanjutan 2024 Direktorat Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang bertujuan untuk meningkatkan keberhasilan melalui peningkatan keterampilan dan kemampuan manusia. Pengembang permainan Atau pengembang game.

Baca juga: Kebijakan positif memperkuat ekosistem permainan lokal

Baca juga: Kominfo menggandeng AGI untuk menambah jumlah pengembang game di Tanah Air.

Baca juga: Langkah Comminfo untuk mendukung perkembangan industri game di tanah air

Koresponden: Putri Hanifa
Editor: Zita Meirina
Hak Cipta © ANTARA 2024

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama