Kementerian Komunikasi dan Informatika menyerahkan 2500 beasiswa DTS bersama Google-Dicemotion.com

Dicemotion.com-


Jakarta (Antara) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengumumkan ada sebanyak 2.500 beasiswa dengan Google Indonesia. Sertifikat Profesional Google Komunitas hadir untuk mengembangkan keterampilan digitalnya melalui inisiatif Digital Talent Scholarship (DTS).

Harapannya dengan beasiswa ini akan banyak talenta digital yang dipekerjakan di industri berdasarkan ilmu yang diperoleh melalui program ini serta ilmu dan sertifikasi dari Google.

“Permintaan terhadap talenta digital masih sangat tinggi saat ini. Pada tahun 2030, Indonesia membutuhkan 9 juta talenta digital atau sekitar 600 ribu orang setiap tahunnya. Sertifikat Profesional Google “Program DTS dapat menjadi jembatan bagi para lulusan untuk mendapatkan kesempatan kerja yang lebih baik,” kata Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi BPSDM Kementerian Komunikasi dan Informatika, Heidi M. Idris, dalam keterangannya.

Baca juga: 2,656 talenta digital telah diciptakan di negara bagian Rio de Janeiro, kata Menteri Komunikasi dan Periklanan.

Pada DTS 2024 Batch 2 terdapat empat peminatan keterampilan digital yang dibagi dalam dua jenis program pelatihan.

Program pertama adalah Fresh Graduate Academy (FGA) yang terbuka bagi peserta SMK, mahasiswa pascasarjana D3, D4 dan S1 serta mahasiswa tingkat akhir.

Peserta dapat memilih spesialisasi keterampilan digital yaitu. dukungan TI Atau Analisis data.

Lalu ada program Akademi Profesional (PROA), yang tersedia bagi peserta klub profesional saat ini atau sebelumnya.

Baca juga: Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan DTS bisa menjadi “role model” dalam pengembangan talenta digital.

Dalam PROA, peserta dapat memilih peminatan keahlian melalui formulir. desain UX Atau Manajemen pekerjaan khusus.

Direktur Urusan Pemerintahan dan Kebijakan Publik Google Indonesia Putri Alam mengatakan keterlibatan Google dalam DTS. Koleksi Kedua hal ini merupakan hasil kerja sama yang berkesinambungan.

Tercatat sepanjang tahun 2018 hingga 2023, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Google telah memberikan total 17.000 sertifikat melalui Digital Talent Scholarship (DTS).

Di tahun Ia berharap kerja sama yang dilanjutkan pada tahun 2024 ini dapat memberikan manfaat bagi para peserta dan juga menjadi jawaban transformasi digital nasional.

Baca juga: Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melampaui target program DTS yang ditetapkan pada tahun 2022

“Dikembangkan oleh para ahli dari Google dan diverifikasi oleh perusahaan terkemuka dan mitra industri. “Kami berharap modul dan pelatihan yang diberikan dapat memberikan pengetahuan praktis yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini,” ujarnya.

Batas waktu pendaftaran bagi peminat adalah tanggal 18 April 2024 untuk pelatihan FGA dan tanggal 21 April 2024 untuk pelatihan PROA.

Semua pelatihan Koleksi 2 akan dilakukan secara online menggunakan modul pada bulan Mei – Juli 2024 di Indonesia.

Baca juga: Kementerian Komunikasi dan Informatika sedang mengembangkan DTS untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja baru.

Baca juga: BPSDMP Kominfo Yogyakarta menargetkan 13.000 talenta digital pada tahun 2023.

Koresponden: Livia Christiani
Redaktur : Siti Zulaikha
Hak Cipta © ANTARA 2024

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama