Mematikan WiFi Setiap Malam Justru Sebabkan Tagihan Listrik Bengkak-dicemotion.com

 

Mematikan WiFi Setiap Malam Justru Sebabkan Tagihan Listrik Bengkak-dicemotion.com

dicemotion - Beredar informasi bahwa mematikan WiFi setiap malam dapat menghemat tagihan listrik. Namun, kenyataannya justru sebaliknya.

Menurut Nick Hunn, Chief Technology Officer perusahaan konsultan nirkabel WiFore, mematikan WiFi malah akan meningkatkan konsumsi daya listrik.

"Sebagian besar router memiliki modem yang terus berusaha meningkatkan kecepatan internet WiFi untuk menjadikannya lebih optimal. Namun, melakukan hal ini malah akan meningkatkan penggunaan listrik," kata Hunn.

Selain itu, mematikan WiFi setiap malam dapat berdampak negatif pada kecepatan internet. Akibatnya, perangkat yang terhubung akan membutuhkan daya yang lebih besar untuk mengakses internet, yang pada akhirnya akan meningkatkan konsumsi listrik.

Hunn menekankan bahwa router modern relatif menggunakan daya listrik yang kecil. Mematikan WiFi di malam hari tidak akan memberikan penghematan listrik yang signifikan.

"Jika Anda mematikan WiFi setiap hari, kecepatan unggah dan unduh kemungkinan akan menjadi lambat. Jaringan broadband secara rutin memonitor kecepatan dan keandalan jaringan, jadi mematikan router secara sering dapat membuat penyedia layanan jaringan mengira ada sesuatu yang salah," jelas Hunn.

Mematikan router juga dapat membuat jaringan rentan terhadap serangan. Sebab, pembaruan keamanan biasanya dilakukan saat router menyala.

Oleh karena itu, disarankan untuk membiarkan WiFi menyala terus menerus untuk menjaga kecepatan, keandalan, dan keamanan jaringan

Berita ini di kutip dari Sumber: https://inet.detik.com/consumer/d-7223576/wifi-bikin-tagihan-listrik-jebol-ini-kata-ahli

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama