Bos Apple Tim Cook akan berangkat ke Indonesia saat penjualan iPhone menurun-Dicemotion.com

Dicemotion.com-



Jakarta

CEO Apple Tim Cook Saat ini ia sedang berkeliling ke beberapa negara di Indonesia. Kunjungannya terjadi di tengah menurunnya penjualan iPhone.

Berdasarkan data IDC, penjualan iPhone turun 10% pada kuartal terakhir, setelah sebelumnya mendominasi pasar ponsel global pada Desember 2023, posisi saat ini diambil oleh Samsung di urutan teratas.

Kuartal lalu, Apple mengirimkan 50,1 juta unit iPhone, turun dari 55,4 juta unit iPhone yang dikirimkan pada periode yang sama tahun lalu. Akibat penurunan tersebut, Apple kembali menduduki peringkat kedua dengan pangsa pasar 17,3 persen.

iklan

Gulir untuk melanjutkan konten.

Sementara itu, Samsung kembali menduduki posisi teratas dengan menguasai pangsa pasar 20,8%. Seorang penjual ponsel asal Korea Selatan Ini mengirimkan lebih dari 60 juta ponsel dalam tiga bulan pertama tahun 2024.

Alasan utama penurunan penjualan iPhone secara global adalah penurunan tajam penjualan di Tiongkok. Pasar mereka di China diperkuat oleh nasionalisme, kondisi ekonomi yang sulit, dan persaingan yang ketat dari berbagai penyedia seluler, seperti dikutip CNN Business, Rabu (17/4/2024) oleh detikINET.

Faktanya, pada tahun 2023, Apple untuk pertama kalinya meraih posisi teratas di pasar ponsel China, dengan tercatat pangsa pasar sebesar 17,3%. Namun, dalam enam minggu pertama tahun 2024, penjualan iPhone di China turun 24 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Mungkin penyebab penurunan ini adalah karena Cook telah melakukan beberapa kunjungan besar ke berbagai negara, termasuk China, sejak pembukaan Apple Store barunya di Shanghai, yang merupakan Apple Store terbesar kedua di dunia dan Apple Store terbesar kedua di dunia. dunia. Apple Store di Fifth Avenue, New York, AS.

“Nonghao Shanghai!” tulis Cook di akun Weibo miliknya, kurang lebih menyapa warga Shanghai. Apple sendiri saat ini memiliki delapan Apple Store di Shanghai. Secara total, Apple memiliki 47 Apple Store yang tersebar di 24 kota di China.

Dari China, Cook berangkat ke Vietnam yang kemudian menjadi salah satu sentra produksi produk Apple. Dan sekarang sudah ada di Indonesia. Pada Selasa (16/4) malam, Cook memposting foto dirinya dan konten kreator Sophia Pratama sedang makan sate ayam di Menteng, Jakarta.

“Halo Indonesia, apa kabar? Sate ayam dengan fotografer iPhone Sofian Pratama adalah cara yang bagus untuk memulai masa tinggal saya di Jakarta! Saya menantikan untuk bertemu dengan komunitas dan pengembang kreatif Indonesia selama saya di sini!” Tim Cook sudah men-tweet di akun X.com-nya.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, bos Apple itu dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan pada Rabu (17/4) mulai pukul 09.30 WIB. Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ari Setiadi mengatakan pertemuan tersebut akan membahas investasi Apple di Indonesia. Hingga berita ini diturunkan, Tim Cook masih melakukan pertemuan dengan Presiden Jokowi.

Tonton video 'CEO Apple Tim Cook Tiba di Istana untuk Temui Jokowi'

[Gambas:Video 20detik]


(asj/fay)

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama