Peningkatan literasi digital memenuhi kebutuhan bakat dan inovasi.-Dicemotion.com

Dicemotion.com-


Jakarta (Antara) – Pakar Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Riant Nugroho menekankan perlunya peningkatan pengetahuan digital untuk memenuhi kebutuhan talenta atau sumber daya manusia (SDM) dengan mendorong inovasi di sektor digital.

“Kalau kamu tahu digital Pengetahuan Maka Anda harus menguasai dunia hingga ibu kota. “Digital seharusnya tidak hanya membuat kita tahu bagaimana menjadi pekerja, tapi talenta tersebut bisa kita kelola menjadi inovator wirausaha digital,” kata Ryan dalam webinar bertajuk “Transformasi Digital Menuju Indonesia Emas” di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Indonesia membutuhkan 9 juta talenta digital, kata Wakil Menteri Komunikasi dan Periklanan

Pakar kebijakan publik ini mengatakan, pengembangan teknologi kecerdasan buatan atau pengembangan pengetahuan digital sangat penting agar pengetahuan dan pemahaman manusia tetap seimbang. Kecerdasan buatan (AI) dalam jumlah besar.

Menurutnya, pengembangan sumber daya manusia di sektor digital harus dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan agar mampu bersaing secara global guna memenuhi permintaan pasar dengan menciptakan teknologi baru.

“Semakin lama kita berjalan, semakin kita menyadari bahwa pertandingan besarnya adalah apakah kita adalah orang-orang yang menggunakan digital atau apakah kita adalah objek bisnis digital,” katanya.

Baca juga: Pemerintah mendukung industri telekomunikasi untuk mengembangkan talenta digital

Ryant menambahkan, pemerintah berkolaborasi dengan semua pihak, termasuk civitas akademika, untuk membina talenta digital serta mengembangkan korporasi dan kewirausahaan digital.

Hal ini dilakukan untuk mencocokkan pasokan talenta digital dengan jumlah korporasi atau perusahaan berbasis teknologi digital.

“Kita bukan hanya sekedar penghasil talenta digital, tapi kita perlu dilatih untuk menjadi penghasil ide bagaimana talenta tersebut bisa menciptakan inovasi bagi modal Indonesia,” ujarnya.

Baca juga: Pemerintah mengapresiasi perusahaan teknologi yang menyiapkan talenta digital

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria menyampaikan bahwa World Economic Forum memperkirakan kontribusi Indonesia terhadap ekonomi digital akan mencapai 366 miliar dolar, yang mana di Asia Tenggara akan mencapai total 1 triliun dolar. 2030.

Oleh karena itu, pemerintah bersama pemangku kepentingan terus berupaya melakukan transformasi digital menyeluruh bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Pemerataan teknologi digital di seluruh Indonesia diperkirakan akan memberikan dampak positif bagi negara dan pertumbuhan ekonominya.

Baca juga: Menkominfo akan meninjau lembaga pengembangan talenta digital di BSD

Baca juga: Kementerian Komunikasi dan Informatika mengajak perempuan Indonesia untuk aktif berkarya di era digital

Koresponden : Adimas Raditya Fahky P
Redaktur : Siti Zulaikha
Hak Cipta © ANTARA 2024

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama