Menkominfo menyayangkan komponen iPhone dibuat di Indonesia-Dicemotion.com

Dicemotion.com-



Jakarta

Menteri Komunikasi dan InformatikaMenteri Komunikasi dan Informatika) Budi Ari Setiadi merasa sedih mengetahui banyaknya jenazah buatan Indonesia. Jumlahnya hanya satu.

“Sebuah iPhone ada 280 bagian, mulai dari lensa, casing, kamera. Hanya satu (buatan Indonesia), itu hanya satu bagian dari 280 bagian,” kata Budi usai mengunjungi akademi pengembang Apple di BSD, Tangrang Selatan. Selasa (26/3/2024).

“Ada 280 komponen dalam satu iPhone, jadi kami hanya punya satu,” tegasnya.

iklan

Gulir untuk melanjutkan konten.

Komponen iPhone buatan Indonesia berupa transistor untuk charger. Sayangnya, Menteri Komunikasi dan Publisitas tidak membeberkan di mana dan oleh siapa badan tersebut dibentuk.

Yang mengecewakan lagi, terbatasnya jumlah suku cadang iPhone buatan Indonesia menjadi tantangan bagi kalangan industri di Tanah Air. Meski tidak berada di bawah layanan tersebut, Budi sangat mendorong pemasok komponen iPhone untuk membuka pabrik di Indonesia.

Kita perlu bicara tentang industri kita, nanti kementerian lain akan bicara, kita harus bisa menjadi rantai pasok global. Kita berharap bisa berbuat lebih banyak, tapi kita perlu fokus pada apa yang bisa dilakukan Indonesia. Kuat,” kata Budi.

Menteri Komunikasi dan Informatika menyarankan mereka untuk bekerja sama dengan kementerian dan lembaga lain seperti industri, keuangan dan lainnya. Menurutnya, hal ini agar kita tidak kalah dengan negara lain.

“Semua negara berlomba-lomba menarik, kita perlu mewujudkan apa yang kita punya. Apa yang perlu kita lakukan untuk melengkapi rantai pasokan iPhone global,” kata Budi.

Sebelumnya detikINET Berdasarkan informasi yang terdapat dalam Laporan Pemasok Apple 2022, dilaporkan hanya ada dua perusahaan yang lokasi produksinya berada di Indonesia. Padahal raksasa teknologi asal Cupertino itu memiliki lebih dari 200 pemasok

Panasonic Corporation pertama berlokasi di Jawa Barat. Sedangkan Yajio Corporation kedua berlokasi di Batam, Kepulauan Riau.

Menonton video”Apple Takut Denda Rp 8,4 T, Kenapa?
[Gambas:Video 20detik]

(afr/fyk)

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama