Pengembang pemberani telah merilis emulator Nintendo di App Store-Dicemotion.com

Dicemotion.com-



Jakarta

Seorang pengembang merilis emulator NES (Nintendo Entertainment System) di App Store, tetapi segera menarik aplikasi tersebut beberapa jam setelah dirilis.

Bimi, nama emulator NES, sebenarnya sudah mendapat izin dari Apple untuk dipublikasikan di App Store. Namun beberapa jam setelah dirilis, pengembang menghapus emulator tersebut.

Pesan yang pertama kali muncul di App Store adalah “Item ini tidak lagi tersedia”. Namun kemudian diubah menjadi “Aplikasi ini saat ini tidak tersedia di negara atau wilayah Anda,” seperti dilansir detikINET dari The Verge, Kamis (18/4/2024).

iklan

Gulir untuk melanjutkan konten.

Di forum MacRumors, pengembang aplikasi tersebut mengaku mengambil kerajaannya karena takut.

“Tidak ada yang memaksaku, tapi setelah ini diterbitkan, aku sangat kesusahan,” tulisnya.

Sebenarnya Bimi terlihat seperti emulator yang sangat menjanjikan. Dari kode open source yang diposting pengembang di GitHub, terlihat Bimi tidak menampilkan iklan atau berbagai jenis pelacakan di aplikasi.

Namun ketakutan developer BIM cukup bisa dimaklumi karena Nintendo sangat rajin melindungi kekayaan intelektualnya, termasuk yang dilanggar oleh berbagai emulator.

Misalnya saja pengembang emulator Yuzu yang mengundurkan diri setelah digugat oleh Nintendo. Ada pula developer Dolphin Emulator yang frustasi setelah mempublikasikan emulatornya di Steam, hingga terancam tuntutan hukum dari Nintendo.

Masalah ini muncul kembali setelah Apple mengizinkan adanya emulator di App Store untuk iPhone. Alasannya adalah selama bertahun-tahun Apple melarang pengembang membuat aplikasi emulator game retro di App Store, dan tidak pernah mengizinkan emulator tersebut dalam proses pengujian.

Namun pada awal April, mereka memperbarui aturan untuk perangkat lunak seperti emulator. Perubahan ini merupakan bagian dari pelonggaran aturan yang mencegah pengembang membuat aplikasi iOS yang berisi aplikasi kecil.

Menonton video”Pemenang App Store Awards 2023, Ini Daftarnya!
[Gambas:Video 20detik]

(asj/rns)

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama