iPad Pro 2024: Spesifikasi dan Harga-Dicemotion.com

Dicemotion.com-


Jakarta

Apple memperbarui iPad Pro di acara Let Loose pada Selasa malam (7/5/2025). Seperti iPad Air 2024, tablet ini hadir dalam ukuran 11 dan 13 inci, bedanya ada lebih banyak pembaruan yang disertakan.

“Hari ini, kami mengambil langkah maju dengan iPad Pro baru yang sangat tipis dan ringan, pembaruan iPad Pro terbesar kami,” kata John Ternes, wakil presiden senior bidang teknik perangkat keras Apple.

Apple telah mengganti miniLED yang digunakan pada iPad Pro generasi sebelumnya dengan panel OLED. Raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino ini menyebutnya layar Ultra Retina XDR untuk warna hitam sempurna, saturasi kaya, dan kontras yang ditingkatkan.

iklan

Gulir untuk melanjutkan konten.

IPad Pro 2024 menggunakan struktur OLED tandem. Hal ini memungkinkan layar mencapai kecerahan maksimum 1.000 nits dan 1.600 nits untuk konten HDR.

Apple telah mengadopsi kaca bertekstur nano baru yang dipahat secara presisi. Hal ini untuk mengurangi silau dengan menyebarkan cahaya sekitar untuk menjaga kualitas dan kontras gambar.

iPad Pro 2024iPad Pro 2024 dibuat ramping Foto: Apple

iPad Pro 13 inci 2024 dibuat dengan ketebalan 5,1 mm, yang diklaim Apple sebagai perangkat tertipis hingga saat ini. Sedangkan versi 11 inci lebih tipis 5,5 mm. Dari segi bobot, keduanya berbobot 444 gram dan 580 gram.

Alih-alih menggunakan chip M3, Apple malah mendukung iPad Pro 2024 menggunakan M4. Chip ini dikatakan 50 persen lebih cepat dibandingkan chip M2 di iPad Pro generasi sebelumnya.

M4 dibangun pada arsitektur GPU M3, yang mencakup fitur-fitur canggih seperti caching dinamis dan pemindaian optik yang dipercepat. Aplikasi profesional seperti Octane dijanjikan 4x lebih cepat dibandingkan M2.

Bicara soal efisiensi, Apple mengklaim M4 mampu menghadirkan performa yang sama dengan M2 hanya dengan menggunakan separuh daya. Kinerja termal juga meningkat sebesar 20 persen.

iPad Pro 2024Spesifikasi chip M4 di iPad Pro 2024 Foto: Apple

Tak ketinggalan, M4 juga menghadirkan mesin media baru yang mencakup dukungan decoding AV1. Ini menawarkan pengalaman pemutaran video definisi tinggi yang lebih hemat energi dibandingkan layanan streaming.

M4 dilengkapi dengan mesin saraf tercanggih Apple yang mampu melakukan 38 triliun operasi per detik. Ini 60x lebih cepat dibandingkan mesin saraf pertama Apple dalam chip A11 Bionic. Menjadikan iPad Pro 2024 sebagai perangkat AI yang mumpuni.

Pengguna dijanjikan mampu melakukan tugas bertenaga AI dengan lebih cepat. Misalnya, dalam video 4K, mudah untuk mengisolasi subjek dari latar belakangnya.

iPadOS memiliki kerangka kerja canggih seperti Core ML yang memungkinkan pengembang menggunakan mesin saraf untuk menghadirkan fitur AI luar biasa secara asli, termasuk menjalankan model AI generatif dan terdistribusi yang kuat yang memberikan kinerja luar biasa di seluruh perangkat. iPad Pro 2024 mendukung solusi berbasis cloud, memungkinkan pengguna menjalankan aplikasi inovatif yang memanfaatkan kekuatan AI dan produktivitas tingkat lanjut, seperti Copilot untuk Microsoft 365 dan Adobe Fire.

iPad Pro 2024iPad Pro 2024 Foto: Apple

Kamera iPad Pro 2024 juga telah ditingkatkan. Di bagian belakang, terdapat 12 MP yang mampu menangkap gambar dan video Smart HDR dengan warna lebih baik, tekstur dan detail lebih baik dalam kondisi minim cahaya. Apple telah melengkapi iPad Pro baru dengan flash True Tone adaptif baru yang menjadikan pemindaian dokumen lebih baik dari sebelumnya.

Dengan menggunakan AI, iPad Pro baru mengidentifikasi dokumen secara langsung di aplikasi kamera, dan jika ada bayangan yang menghalangi, iPad Pro segera mengambil beberapa foto dengan lampu kilat adaptif baru, menyatukan hasil pindaian untuk menghasilkan pemindaian yang lebih baik.

Di bagian depan, sistem kamera TrueDepth berpindah ke posisi lanskap. Apple telah menempatkan kamera ultra lebar 12MP dengan panggung tengah, membuat konferensi video semakin imersif dalam mode lanskap.

iPad Pro dilengkapi konektor USB-C berkinerja tinggi dengan dukungan Thunderbolt 3 dan USB 4, untuk koneksi kabel cepat – hingga 40 Gb/s. Apple mendukung Wi-Fi 6E dan 5G untuk koneksi yang lebih cepat.

iPad Pro 2024Apple Pensil Pro Foto: Apple

Melengkapi keberadaan iPad Pro 2024, juga dirilis sensor Apple Pencil Pro yang mampu mendeteksi tekanan pengguna dan memunculkan palet perangkat. Mesin haptic unik menghasilkan ketukan ringan untuk pengalaman yang sangat intuitif saat pengguna memencet, mengetuk dua kali, atau mengeklik bentuk cerdas. Jangan lupa temukan stylus ini untuk membantu Anda menemukannya jika tersembunyi di suatu tempat.

Dan tentu saja ada Magic Keyboard baru. Apple menjadikannya lebih tipis dan ringan, menjadikannya lebih portabel dan serbaguna dibandingkan sebelumnya.

iPad Pro 2024Spesifikasi iPad Pro 2024 Foto: Apple

Berikutnya adalah harga dan ketersediaan



Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama