8 Cara Merawat Laptop Agar Awet Bertahun-tahun | dicemotion.com


Cara merawat laptop itu sangat mudah, Anda dapat mempraktikkan caranya berikut agar laptop Anda awet bertahun-tahun. 

Laptop saat ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitas dengan mudah, cepat dan efisien, terutama pekerja kantoran, siswa dan mahasiswa. Semua ini membutuhkan laptop.

Sebagai pengguna laptop, ada satu hal yang perlu Anda ketahui tentang laptop, yaitu batas pengunaan laptop. Setiap barang elektronik memiliki perkiraan rusak, begitupun dengan laptop. Laptop yang kita gunakan mengalami penurunan setiap harinya, entah itu performa maupun fungsionalnya yang setiap saat bisa saja rusak.

Namun tahukan Anda ada beberapa hal yang akan membuat laptop menjadi lebih awet bahkan bisa melewati perkiraan. Hal ini bisa Anda gunakan untuk mencegah kerusakan laptop terjadi, bagaimana caranya? Anda bisa baca lebih lanjut tentang cara merawat laptop agar awet berikut ini.

Cara Merawat Laptop Agar Awet Bertahun-tahun

1. Batasi Penggunaan Laptop Agar Awet

Menggunakan laptop dalam waktu yang lama dapat menyebabkan laptop overheat atau kepanasan sehingga membuat komponen laptop rentan terhadap kerusakan. Jika Anda suka menggunakan laptop secara berlebihan, batasi penggunaan dan istirahatkan laptop Anda selama sekitar 30 menit (minimal) untuk menyegarkan laptop Anda. Kamu juga butuh istirahat supaya tidak sakit.

2. Bersihkan Debu Setiap Saat

Cara merawat laptop kedua yang harus Anda lakukan adalah membersihkan debu secara rutin pada laptop. Karena debu merupakan salah satu penyebab hardware pada laptop bisa rusak karena ventilasi tertutup menyebabkan udara dari dalam tidak bisa keluar, sehingga hal tersebut akan membuat laptop menjadi cepat panas.

Jika laptop terasa panas, maka hal itulah yang akan membuat kinerja laptop menurun dan laptop tersebut menjadi lemot. Untuk itulah Anda perlu membersihkan debu-debu yang ada pada laptop, baik pada keyboard, colokkan USB, serta bodi laptop lainnya. Untuk membersihkan laptop dari debu, Anda bisa menggunakan kuas laptop. Lakukanlah hal ini minimal seminggu sekali supaya laptop tetap bersih.

3. Jauhkan Makanan dan Minuman dari Laptop

Selanjutnya adalah usahakan untuk tidak makan dan minum di dekat laptop karena itu akan sangat berbahaya jika minuman tersebut tumpah ke laptop atau makanan ceceran makanan ringan jatuh ke keyboard dan masuk kedalam.

Hal ini bisa menyebabkan korsleting pada keyboard sehingga beberapa tombol keyboard bisa saja tidak berfungsi. Hal ini akan mempercepat kerusakan pada laptop. Jadi sebaiknya saat ngemil hindari di dekat laptop supaya aman.

4. Gunakan Cooling Pad Pada Laptop

Saat menggunakan laptop sebaiknya Anda gunakan cooling pad supaya laptop tidak panas dan suhunya stabil sehingga performa laptop cepat menurun. Terlebih lagi saat Anda menggunakan laptop tersebut untuk bermain game, sangat direkomendasikan sekali untuk menggunakan pendingin laptop atau cooling pad.

5. Bersihkan Layar Secara Rutin

Terkadang layar laptop bisa saja kotor entah karena jari tangan, maupun oleh debu sehingga membuat laptop kelihatan kurang menarik dan dapat menganggu aktivitas.

Untuk itu Anda perlu membersihkan layar laptop tersebut secara rutin supaya layar laptop tetap mengkilat dan bersih sehingga Anda bisa dengan nyaman menggunakan laptop untuk bekerja maupun melakukan aktivitas lainnya. Anda bisa membersihkan layar laptop dengan alat pembersih laptop khusus ataupun menggunakan kain bersih.

6. Memperhatikan Kesehatan Baterai

Selanjutnya untuk menjaga performa laptop supaya tidak lemot dan awet adalah dengan memperhatikan kondisi dan kesehatan baterai. Baterai yang dirawat dengan baik akan dapat bertahan lama sehingga Anda akan merasa nyaman karena dapat memakai laptop dengan waktu yang lama karena baterai juga tahan lama.

7. Uninstall Program yang Tidak Terpakai

Agar kondisi dan performa laptop tetap terjaga, maka Anda bisa uninstall atau menghapus aplikasi-aplikasi yang sudah tidak dipakai lagi. Dengan menghapus semua aplikasi yang tidak digunakan lagi maka akan dapat meringankan kapasitas HDD maupun kinerja RAM laptop sehingga laptop tidak akan terasa lemot dan bahkan performa laptop bisa meningkat.

8. Gunakan Tas Laptop Saat Dibawa Keluar

Sangat disarankan untuk menggunakan tas laptop saat membawa laptop keluar rumah. Dengan menggunakan tas laptop maka dapat menghindari benturan, terkena air, serta gesekan pada laptop. Sehingga komponen-komponen yang ada pada laptop dapat terlindungi karena tas laptop memang sudah di desain sedemikian rupa untuk melindungi laptop saat dibawa keluar.

Baca juga:  Cara Transfer PayPal ke Rekening Bank Dibawah 10 Dollar

Demikianlah artikel mengenai Cara Merawat Laptop Agar Awet. Semoga tips ini dapat membantu Anda merawat laptop sehingga laptop Anda tidak mudah rusak dan dapat berumur panjang.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama