Alasan Keamanan, Android 14 Tidak Akan Izinkan Aplikasi Lawas - DiceMotion.com


DiceMotion.com – Dikutip dari JawaPos.com Masuk ke tahun yang baru, ini berarti juga bahwa Google mengembangkan sistem operasi atau OS Android terbaru. Iterasi berikutnya dari OS yang ada saat ini adalah Android 14, lanjutan dari Android 13 yang sekarang sudah mulai banyak didistribusikan ke berbagai ponsel pintar Android.

Menyoal Android 14, menurut perubahan kode yang baru terdaftar, Google kabarnya bakalan menetapkan langkah-langkah yang lebih ketat terkait aplikasi usang yang diinstal pada perangkat baru. Dimulai dengan versi 14, Android nantinya tidak akan mengizinkan aplikasi sideload yang menargetkan versi OS yang lebih lama.

Demikian artinya, aplikasi-aplikasi yang menurut Google sudah usang tidak akan lagi diizinkan untuk dijalankan di OS Android 14. Dilansir dari 9To5Google, kabarnya hal ini dilakukan untuk alasan keamanan.

Saat ini, Google tidak mengizinkan aplikasi yang baru terdaftar di Google Play untuk menargetkan versi Android yang lebih lama dari 12, tetapi masih mengizinkan pengguna untuk melakukan sideload software lama. Selain itu, Google Play masih mengizinkan Anda memasang aplikasi lama, yang sudah pernah Anda pasang sebelumnya.

Sebagai informasi, sideload sendiri berarti mengunduh aplikasi dari tempat diluar toko aplikasi resmi Google. Hal ini sering dilakukan jika sebuah aplikasi tidak terdapat di toko aplikasi resmi dan hanya tersedia untuk diunduh secara langsung.

Seperti sudah disinggung di atas, hal ini akan berubah dengan kehadiran Android 14. Aplikasi sideloading nantinya akan membutuhkan jabaran teknis khusus, menggunakan perintah khusus baru kemudian diizinkan untuk dilakukan  pemasangan atau instalasi.

Dengan cara ini, pengguna tidak akan dapat memasang aplikasi tidak aman secara tidak sengaja di ponsel mereka. Saat ini sejak bertahun-tahun sebelumnya, pedoman untuk Google Play Store telah memastikan bahwa pengembang Android terus memperbarui aplikasi mereka untuk menggunakan fitur terbaru dan tindakan keamanan platform Android.

Dan untuk mempersiapkan kehadiran Android 14, naru bulan ini, pedoman tersebut diperbarui, yang mengharuskan aplikasi Play Store yang baru terdaftar untuk menargetkan minimal Android 12.

Hingga saat ini, persyaratan level API atau Application Programing Interface minimum ini hanya berlaku untuk aplikasi yang ditujukan untuk Google Play Store.

Jika pengembang ingin membuat aplikasi untuk versi yang lebih lama, mereka dapat melakukannya dan cukup meminta penggunanya untuk melakukan sideload file APK secara manual. Demikian pula, jika aplikasi Android belum diperbarui sejak pedoman diubah, Play Store akan terus menyajikan aplikasi tersebut kepada mereka yang telah menginstalnya sebelumnya .

Menurut perubahan kode yang baru diposting , Android 14 diatur untuk memperketat persyaratan API, sepenuhnya memblokir penginstalan aplikasi usang. Perubahan ini akan memblokir pengguna dari sideloading file APK tertentu dan juga memblokir app store dari menginstal aplikasi yang sama.

Awalnya, perangkat Android 14 hanya akan memblokir aplikasi yang menargetkan terutama versi Android lama. Namun seiring waktu, rencananya adalah untuk meningkatkan ambang batas ke Android 6.0 (Marshmallow), dengan Google memiliki mekanisme untuk “semakin meningkatkannya”.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama