Lazada mendorong bisnis lokal untuk menerapkan praktik berkelanjutan-Dicemotion.com

Dicemotion.com-


Jakarta (Antara) – Lazada Indonesia melalui unit bisnis Lazada Logistics menyelenggarakan Lazada Sustainability Academy Awards 2024, yang mendorong pelaku usaha lokal untuk menerapkan praktik berkelanjutan dari kerangka manajemen lingkungan, sosial, dan bisnis.

Lazada Sustainability Academy Awards 2024 merupakan ajang untuk memberikan penghargaan kepada para pelaku bisnis di ekosistem Lazada yang sudah mulai bergerak menuju praktik berkelanjutan.

“Lazada tidak hanya fokus pada upaya keberlanjutan di dalam perusahaannya sendiri, tetapi juga mendorong pelaku bisnis lain di ekosistem Lazada untuk lebih memahami konsep keberlanjutan dan mengintegrasikannya ke dalam aktivitas bisnis yang tetap memberikan manfaat bagi para pelaku bisnis. Lazada Sustainability Academy Awards 2024 SVP Logistics Lazada Indonesia Adiputra Wihaja mengatakan, “Upaya yang kami lakukan adalah memberikan apresiasi kepada para seller yang telah menjaga Lazada dan mulai melakukan perubahan berkelanjutan pada bisnisnya.

Baca juga: Lazada berkolaborasi dengan pelatih bisnis Rika Yoo untuk memfasilitasi penjualan toko.

Baca juga: Wujudkan impian Anda dengan menjual alat pancing di Lazada

Lazada Sustainability Academy Awards merupakan bagian dari Lazada Sustainability Academy, yang diluncurkan oleh Lazada pada bulan Oktober 2023 untuk mendorong bisnis dengan pola pikir dan pengetahuan untuk bertransformasi menuju keberlanjutan. Lazada Sustainability Academy menyediakan praktik berkelanjutan yang sederhana, praktis, dan ramah bisnis.

Perkembangan ekonomi digital jelas memberikan manfaat besar bagi pertumbuhan bisnis lokal. Namun, masih terdapat tantangan yang harus dihadapi industri dalam pengelolaan sampah plastik.

Berdasarkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun 2023, ekonomi digital Indonesia menyumbang 18,9 persen dari total timbulan sampah negara sebesar 17,4 ton. Dari 17,4 ton timbulan sampah, 33,5 persen atau 5,8 juta ton tidak terkontrol dengan baik dan memerlukan pengelolaan yang ketat oleh para pemangku kepentingan.

Lazada sendiri sudah mulai berperan dalam pengelolaan sampah, antara lain dengan menggunakan karton bersertifikat Forest Stewardship Council dan karton daur ulang. Merek Dan penjual yang bergabung dalam pemenuhan layanan Lazada dan terus melakukan edukasi dan kualifikasi. Merek Dan para penjual yang tergabung dalam Lazada akan mulai menerapkan prinsip keberlanjutan dalam mengelola bisnisnya.

Pemenang Lazada Sustainability Academy Awards 2024

Lazada Logistics telah memberikan penghargaan kepada lima vendor sebagai pemenang Lazada Sustainability Academy Awards 2024. Kelima pemenang dinilai berdasarkan parameter sosial, ekonomi, manusia dan lingkungan.

Baca juga: Kumpulkan 20.000 gems, Lazada akan bagikan paket umroh di “Ramadan Sale”.

1. Keberkahan wewangian

Nama merk Berkah Wangi Parfum Beauty Jakarta meraih nilai tertinggi di semua kategori evaluasi dan menjadi juara umum. Berkah Wangi Parfum, yang menjual parfum dan pengharum ruangan, menunjukkan upaya untuk mengembangkan praktik bisnis yang mendorong pertumbuhan dan meningkatkan operasi berkelanjutan.

2. Jamu Al Mubarokah

Al Mubarokah Herbal yang menjual madu dan produk herbal, muncul sebagai jagoan di bidang sosial, dengan bisnisnya yang berkomitmen menyediakan produk dari bahan-bahan alami.

Al Mubarokah Herbs menawarkan madu hidup dengan menerapkan praktik peternakan lebah dan pemanenan berkelanjutan untuk menjaga kualitas produk dan membangun kepercayaan konsumen.

3. Penyimpanan jean

Pemenang Lazada Sustainability Academy Awards 2024 kategori Ekonomi adalah GUDANG JAN'S, retailer fashion. Jean Storage dianggap menggunakan kecerdasan bisnis dan keterampilan perencanaan strategis untuk unggul di pasar.

Jane's Store menerapkan strategi bisnis baru berdasarkan analisis manfaat biaya dan penilaian risiko kredit untuk meningkatkan operasional berkelanjutan.

4. Kepingan

Merek Chippa berhasil meraih penghargaan Lazada Sustainability Academy Awards 2024 kategori People atas keberhasilannya dalam mengedepankan keselamatan karyawan dan nilai-nilai keberlanjutan dalam pemilihan pemasok.

Chippa adalah UM kecantikan asal Jakarta. Terlibat secara aktif dengan komunitas lokal, sehingga membangun rasa kebersamaan yang kuat terhadap bisnis. Mereka menunjukkan komitmen yang kuat untuk memberdayakan karyawannya guna meningkatkan keterampilan penggunaan perangkat lunak guna mengembangkan keterampilan kewirausahaan mereka.

5. Busana damai

Damai Fashion meraih piala Lazada Sustainability Academy Awards 2024 kategori lingkungan karena berhasil beralih dari kemasan plastik ke karton. Nama merk Hal ini menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang siklus hidup produk fashion wanita.

Lazada Damai menilai mereka memanfaatkan pengetahuan fesyennya untuk menyusun strategi mengendalikan barang cacat atau tidak terjual agar tidak menjadi sampah. Merek ini juga menggunakan media sosial untuk mendidik konsumen tentang perlindungan lingkungan dan konsep berkelanjutan.

Baca juga: Selamat datang di Produk Kecantikan Hari Raya di Lazada

Baca juga: Lazada menawarkan penjualan Ramadhan hingga 75 persen dan voucher belanja

Baca juga: Lazada menyebut keberagaman konsumen baru dalam memenuhi kebutuhan Ramadhan

Koresponden: Natisha Andarnintias
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Hak Cipta © ANTARA 2024

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama