Apple Direkomendasikan Bikin iPhone Murah Rp 4 Jutaan, Kenapa?-Dicemotion.com

Dicemotion.com-



Jakarta

posisi apel Pasar ponsel global terpuruk karena berbagai faktor. Menurut seorang analis iPhone Harga murah bisa menjadi solusi permasalahan Apple.

Setelah mendominasi pasar ponsel global selama seperempat, Apple turun ke posisi kedua, menurut laporan IDC. Penjualan iPhone turun 10 persen pada kuartal pertama tahun 2024, meskipun pasar ponsel secara keseluruhan tumbuh hampir 8 persen.

Penjualan iPhone juga menurun di Tiongkok, negara yang sering menjadi sumber pendapatan dan pertumbuhan bagi Apple. Penjualan Apple di Tiongkok turun 13 persen pada kuartal lalu, penurunan terburuk dalam empat tahun terakhir.

iklan

Gulir untuk melanjutkan konten.

Kabar baiknya bagi Apple adalah pengguna iPhone saat ini tidak langsung berpindah ke Android. Tantangan utama Apple dalam ekosistem ini adalah menarik pengguna baru ke produknya dan mendorong pengguna lama untuk meningkatkan ke produk baru.

Menurut analis Bloomberg Mark Gurman, salah satu cara Apple dapat meningkatkan pertumbuhannya adalah dengan memperkenalkan iPhone dengan harga lebih rendah dan berfokus pada pasar negara berkembang.

Apple memperkenalkan seri iPhone SE yang menjual iPhone dengan harga terjangkau US$400 atau US$6 juta. Namun harga tersebut masih belum cukup murah dibandingkan ponsel besutan vendor China yang menawarkan banyak kamera dan layar murah dengan harga lebih murah.

Apple dikabarkan akan meluncurkan iPhone SE baru pada tahun depan. Namun jika ponsel tersebut masih menggunakan chip baru dan bahan premium, maka harganya masih kalah bersaing dengan ponsel China.

Gurman yakin Apple seharusnya menjual iPhone yang lebih murah seharga $250, atau sekitar $4 juta. Jika raksasa teknologi ini tidak ingin mengurangi persepsi premiumnya, mereka mungkin membatasi penjualan iPhone yang lebih murah ke negara-negara berkembang. iPhone Di negara Lain.

“Apple dapat memangkas biaya dengan menggunakan panel LCD layar penuh dibandingkan layar OLED yang lebih mahal yang digunakan di iPhone saat ini — dan dengan mengurangi jumlah kamera,” kata Gurman, dilansir Bloomberg, Senin (22/4/2024).

“Perangkat tersebut kemungkinan akan menggunakan chip yang lebih tua namun masih mumpuni dan kemungkinan cangkang plastik (masih mempertahankan desain industri Apple),” lanjutnya.

Apple menyasar negara-negara berkembang di Asia Tenggara dan Afrika untuk mengurangi ketergantungannya pada Tiongkok. iPhone Murah bisa menjadi alat bagi Apple untuk memperkuat posisinya di negara-negara tersebut.

Namun iPhone berbiaya rendah memerlukan perubahan strategi Apple, yang saat ini berfokus pada margin keuntungan. Gurman mengatakan Apple menghindari langkah tersebut karena kekhawatiran bahwa Apple akan menurunkan harga premium iPhone dan karena diskusi mengenai iPhone yang lebih murah selalu terhenti.

Menonton video”Apple Takut Denda Rp 8,4 T, Kenapa?
[Gambas:Video 20detik]

(vmp/fyk)

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama