Cinta Laura menyadari bahwa agenda Indonesia di Forum Air Dunia ke-10 sangatlah penting.-Dicemotion.com

Dicemotion.com-


Jakarta (Antara) – Duta komunikasi World Water Forum (WWF) ke-10, Cinta Laura, mengatakan agenda yang dihadirkan Indonesia pada acara WWF ke-10 ini sangat penting, mengingat masih banyak masyarakat yang belum memiliki akses terhadap air. air bersih.

Pada World Water Forum ke-10, Indonesia diketahui menyampaikan empat agenda utama, yakni konservasi air, penyediaan air bersih dan sanitasi, ketahanan pangan dan energi, serta pencegahan bencana alam.

Fokus Indonesia pada konservasi air, akses terhadap air bersih, sanitasi, ketahanan pangan dan energi, serta pencegahan bencana pada World Water Forum sangat penting, kata Sinta kepada Antara melalui keterangan tertulis, Jumat.

Baca juga: Cinta Laura terpilih sebagai Duta Komunikasi World Water Forum ke-10.

Baca juga: Indonesia akan menjadi tuan rumah Forum Air Dunia ke-10 pada Mei 2024.

“Dengan lebih dari 27 juta masyarakat Indonesia yang tidak memiliki akses terhadap air bersih dan 80 persen menderita penyakit akibat kualitas air yang buruk, agenda-agenda ini harus segera dilaksanakan,” tambahnya.

Sinta menilai komitmen WWF Indonesia yang ke-10 sudah sangat jelas. Negara ini rentan terhadap bencana alam seperti banjir dan kekeringan, yang diperburuk oleh perubahan iklim.

Ia memandang agenda-agenda ini penting untuk pembangunan berkelanjutan.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi atas pendekatan proaktif Indonesia dalam menyelesaikan permasalahan mendesak di kancah internasional,” ujarnya.

Sebagai duta komunikasi World Water Forum ke-10, Sinta berperan menyebarkan isu air ke masyarakat luas Indonesia.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya konservasi air, pasokan air bersih, sanitasi, ketahanan pangan dan energi, serta pencegahan bencana melalui berbagai cara komunikasi seperti liputan media, kampanye media sosial, acara publik, dan program pendidikan.

“Dengan mengkomunikasikan pesan-pesan ini secara efektif, kami bertujuan untuk memobilisasi dukungan masyarakat, memfasilitasi kolaborasi antar pemangku kepentingan, dan menginspirasi tindakan kolektif untuk mengatasi tantangan terkait air di Indonesia dan di seluruh dunia,” ujarnya.

Forum Air Dunia ke-10 akan diselenggarakan di Bali pada 18-24 Mei 2024. WWF merupakan forum air internasional yang diselenggarakan setiap tiga tahun sekali.

WWF ke-10 berfokus pada empat bidang: konservasi air, air bersih dan sanitasi, ketahanan pangan dan energi, serta penanganan bencana alam.

Sebanyak 244 forum diharapkan dapat memberikan hasil konkrit pembentukan pusat keunggulan atau best practice pengelolaan air terpadu atau Integrated Water Resource Management (IWRM) di pulau-pulau kecil, air dan iklim. Center of Excellence (COE) Keamanan atau Ketahanan Air dan Iklim serta penetapan Hari Danau Sedunia.

Pemerintah Indonesia telah mengundang 43 duta besar dan empat organisasi internasional untuk berpartisipasi dalam WWF dan menyukseskan acara tersebut.

Baca juga: Menteri PUPR: World Water Forum rencananya akan digelar di Bali pada 18-25 Mei.

Baca juga: Menteri Komunikasi dan Publisitas mendorong promosi Forum Air Dunia ke-10.

Baca juga: Kementerian PUPR mengumumkan bahwa World Water Forum sedang mempercepat realisasi tujuan SDG

Koresponden: Fathur Rochman
Editor: Zita Meirina
Hak Cipta © ANTARA 2024

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama