Kementerian Komunikasi dan Informatika sedang menjajaki kerja sama dengan Papua Nugini di bidang ICT.-Dicemotion.com

Dicemotion.com-


Jakarta (Antara) – Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah menjajaki kerja sama dengan Papua Nugini di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Penilaian ini dilakukan usai Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ari Setiadi dan Menteri Informasi dan Teknologi Papua Nugini Timothy Maciu mengunjungi Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat, Kamis (25). /4).

Budi Ari dalam konferensi pers, Kamis malam, mengatakan, “Saya berharap pertemuan ini dapat menghasilkan pertukaran pemikiran yang penting untuk pemahaman yang lebih baik dan berkontribusi pada kerja sama kedua negara.”

Baca juga: Indonesia dan Argentina menjajaki peluang kerja sama TIK di DEMM G20.

Menurut Budi Ari, TIK merupakan aspek fundamental yang memungkinkan berkembangnya segala sektor di era digital.

Ia mengatakan, sektor digital menyumbang lebih dari lima puluh persen produk domestik bruto (PDB) dunia dan dapat menunjukkan tingkat pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan sektor non-digital sebesar 2,10 persen.

Budi Ari mengatakan, hal tersebut berpotensi meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 6,2 persen setiap tahunnya dan berkontribusi terhadap 20,5 persen PDB Indonesia pada tahun 2045.

Baca juga: Menkominfo membahas berbagai kegiatan kerja sama di bidang TIK pada MWC 2022.

“Prediksi tersebut dimungkinkan oleh upaya percepatan transformasi digital yang akan memacu pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Menkominfo membuka peluang kolaborasi transformasi digital untuk mencapai percepatan adaptasi dan kesejahteraan saat ini di lanskap digital.

Ia mengamati upaya mewujudkan transformasi digital di setiap negara untuk bekerja sama semaksimal mungkin.

Pihaknya membuka potensi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta perusahaan start-up untuk berkolaborasi di bidang spektrum frekuensi, distribusi, dan ekonomi digital.

Baca juga: Cominfo mendorong kolaborasi dengan pemerintah daerah untuk membangun infrastruktur TIK.

Budi Ari berharap kerja sama di bidang ICT antara Indonesia dan Papua Nugini segera terwujud.

“Untuk mendorong integrasi dan kemakmuran yang tepat bagi negara kita. Kami akan menjajaki peluang kerja sama di masa depan,” ujarnya.

Dalam diskusi tersebut, hadir Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ari Sethiadi bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria, Sekretaris Jenderal Meera Taiba, dan Dirjen SDPI Ismail. Sementara itu, Menteri TIK Papua Nugini, Chief Executive Officer Otoritas TIK Nasional Kila Gulo Vui, Ketua Dewan NCT Noel Mobiha, Managing Director National Broadcasting Corporation (NBC) Cora Nu dan Wakil Sekretaris Departemen TIK Fleury hadir. Shongol

Baca juga: 10 pelajar Indonesia belajar ICT di Beijing dan Shenzhen.

Baca juga: Menkominfo membahas kerja sama di bidang ICT dengan Duta Besar Portugal

Koresponden: Fathur Rochman
Redaktur : Siti Zulaikha
Hak Cipta © ANTARA 2024

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama