Menkominfo: Microsoft sedang mempersiapkan investasi besar untuk Indonesia.-Dicemotion.com

Dicemotion.com-


Jakarta (Antara) – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Ari Setiadi mengatakan perusahaan teknologi internasional Microsoft telah melakukan investasi besar untuk berinvestasi di Indonesia.

Microsoft mengatakan nilai investasinya di Indonesia akan mencapai sekitar 14 triliun dolar dan bahkan mungkin lebih tinggi.

“Itu lebih dari 14 triliun dolar, tapi jangan saya kasih tahu, hanya dia (Microsoft) yang bicara,” kata Budi di Kantor Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat.

Baca juga: Menteri Komunikasi dan Informatika mengunjungi Indonesia setelah CEO Microsoft Tim Cook.

Menurut Budi, investasi besar ini akan disalurkan melalui berbagai cara, termasuk sumber daya manusia (SDM) sebagai talenta digital.

Rencana investasi Microsoft di Indonesia telah ditandai sejak penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Microsoft pada Maret 2024.

Melalui perjanjian tersebut, Microsoft berkomitmen untuk mendukung pengembangan tenaga kerja digital serta memperkuat infrastruktur dan digitalisasi pemerintah.

Baca juga: Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika mengatakan Apple dan Microsoft berencana berinvestasi di Indonesia.

Lalu ada kerja sama untuk memperkuat manajemen Kecerdasan buatan (AI/Artificial Intelligence) bertanggung jawab, memperkuat penerapan dan praktik Perlindungan Data Pribadi (PDP) serta kerja sama di bidang lainnya.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Mira Taiba dengan Presiden Direktur Microsoft Indonesia Darma Simorangkir.

Selain itu, dalam waktu dekat CEO (CEO) Microsoft Satya Nadella dipastikan akan berkunjung ke Indonesia pada April 2024 mendatang, sehingga memperkuat kekhawatiran Microsoft untuk berinvestasi di Indonesia.

Baca juga: Kementerian Komunikasi dan Informatika akan berkolaborasi dengan perusahaan teknologi untuk menyelesaikan transformasi digital.

Kabar kedatangan CEO Microsoft ini telah disampaikan kepada Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Ari Setiadi pada akhir Maret lalu.

Lebih detail dengan Microsoft, menurut Budi, salah satu topik pembicaraan dengan pemerintah Indonesia adalah terkait pengembangan talenta digital serta perkembangan kecerdasan buatan atau teknologi AI Indonesia.

“Kami akan membahas cara transfernya. Teknologi dan pengetahuan Mewujudkan Transformasi Digital Indonesia. Melanjutkan apa yang kita bicarakan kemarin. Karena suka atau tidak, kan? Kecerdasan buatan “AI akan terus berkembang, sehingga kita memerlukan banyak kerja sama dan adopsi dari berbagai pemain global,” kata Budi.

Baca juga: Microsoft akan menginvestasikan Rp 46 triliun untuk pusat data AI di Jepang

Baca juga: Microsoft memisahkan Teams dari Office secara global.

Koresponden: Livia Christiani
Redaktur : Siti Zulaikha
Hak Cipta © ANTARA 2024

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama