Meta bekerja pada sistem operasi untuk headset realitas campuran yang disebut Horizon OS-Dicemotion.com

Dicemotion.com-



Jakarta

Meta telah melisensikan sistem operasi yang digunakan dalam headset realitas campuran Quest kepada produsen pihak ketiga. Hal ini membuat mereka seperti Microsoft untuk PC.

Horizon OS juga dapat digunakan oleh produsen headset mixed reality lainnya seperti Lenovo dan Asus. Mereka bahkan membuat misi khusus untuk gaming bersamaan dengan Xbox.

Tidak hanya itu saja, ketersediaan repositori aplikasi pihak ketiga juga digalakkan untuk sistem operasi ini, sehingga membuat aplikasi semakin tersebar luas. Mereka mengundang Google untuk menghadirkan Play Store ke sistem operasinya.

iklan

Gulir untuk melanjutkan konten.

Seperti dilansir The Verge pada Rabu (24/4/2024), DTNet sedang mengerjakan kerangka kerja khusus Meta untuk membantu pengembang dengan mudah mem-porting aplikasi seluler mereka ke Horizon OS.

Memang, Meta menghadirkan platform “media sosial” ke Horizon OS. Oleh karena itu, produsen yang menggunakan OS ini di headphone mereka akan membantu menyebarkan media sosial Metaverse, yang nantinya akan dimonetisasi oleh Meta melalui iklan.

Sejauh ini Meta belum banyak memberikan informasi mengenai syarat dan ketentuan lisensi Horizon OS, selain fakta bahwa Meta akan terpaksa menyediakan media anti sosial dan menggunakan chip Qualcomm.

“Anda dapat membayangkan headset ringan yang dipasangkan dengan komputer di meja Anda dapat memberikan kinerja terbaik di rumah atau saat bepergian,” kata CEO Meta Mark Zuckerberg dalam sebuah postingan video.

Atau bayangkan menikmati hiburan yang imersif seperti film dan video dengan layar OLED definisi tinggi, tambahnya.

Belum ada kabar mengenai perilisan Horizon OS dari Asus, Lenovo atau Xbox.

Tentu saja rilis ini merupakan rencana besar Zuke yang menginginkan Meta menciptakan platform yang lebih terbuka dibandingkan Apple. Dan, rilis ini menunjukkan status Horizon OS sebagai Android dibandingkan dengan Vision Pro milik Apple.

Menonton video”Meta menghilangkan fitur notifikasi telepon di Quest v60
[Gambas:Video 20detik]

(asj/fay)

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama