Psikolog: Harus ada aturan yang jelas dalam penggunaan ponsel oleh anak-Dicemotion.com

Dicemotion.com-


Jakarta (Antara) –

Psikolog klinis anak dan remaja dari Universitas Indonesia, Vera Itabiliana Hadiwijojo S.P.C., mengatakan mereka harus memiliki aturan yang jelas dan konsisten untuk menghukum penggunaan ponsel dan aplikasi oleh anak-anak mereka.

“Aturan yang jelas dan konsisten disepakati dengan anak-anak tentang kapan, di mana, berapa lama, dan konten atau permainan apa yang mereka gunakan,” kata Vera dalam wawancara email.

Vera juga menyampaikan bahwa orang tua merupakan penjaga utama dalam memberikan contoh penggunaan ponsel dan aplikasi yang baik.

Orang tua dapat memainkan peran penting dalam memilih dan memutuskan aplikasi mana yang akan digunakan untuk anak-anak mereka berdasarkan usia mereka. Ia menyarankan para orang tua untuk berhati-hati terhadap batasan usia yang disarankan untuk aplikasi yang mereka gunakan.

Idealnya, Vera, usia 13 tahun adalah saat yang tepat bagi anak untuk bijak memanfaatkan internet atau memiliki akun media sosial sendiri untuk tujuan positif.

Namun, dengan adanya kebutuhan akan Internet untuk tujuan pendidikan atau sekolah, anak-anak sering kali menggunakan Internet sebelum usia tersebut.

Oleh karena itu, diperlukan pengawasan dan pendampingan orang tua agar Internet dapat memberikan dampak positif bagi anak, khususnya anak di bawah usia 18 tahun.

Ia yakin pemerintah bisa ikut terlibat dalam membuat peraturan agar aplikasi atau konten yang berbahaya bagi anak bisa dikontrol secara ketat.

“Meski tugas utamanya ada pada orang tua, namun jika pemerintah bersedia memberikan perlindungan melalui pedoman akan sangat bermanfaat bagi orang tua,” kata Vera.

Seperti dilansir Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ari Sethiadi, pemerintah telah mengambil inisiatif global dalam perlindungan anak di ruang digital.

Kementerian Komunikasi dan Informatika sedang berdiskusi dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak untuk menciptakan ruang digital yang aman bagi anak.

Wartawan : Fitra Ashari
Editor: Zita Meirina
Hak Cipta © ANTARA 2024

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama