Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika dan Duta Besar Korea Selatan membahas AI Global Forum 2024-Dicemotion.com

Dicemotion.com-


Jakarta (Antara) – Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria bertemu dengan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Lee Sang-deek dan membahas rencana penyelenggaraan. Kecerdasan buatan (AI) KTT Keamanan dan Forum Global AI 2024.

Dalam pertemuan dengan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Lee Sang-deok di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Jakarta Pusat, Jumat, ia mengatakan Indonesia akan mengirimkan delegasi untuk mengikuti AI Safety Summit 2024 dan AI Forum Dunia. 2024 di Seoul, Korea Selatan.

“Kami akan menghadiri AI Summit 2024 untuk melanjutkan diskusi pada AI Summit sebelumnya di London tahun lalu,” kata Nesser.

Dijelaskannya, pasca AI Summit 2023, pemerintah Indonesia banyak melakukan diskusi dengan pemerintah Inggris mengenai keamanan dan regulasi penggunaan AI.

Pemerintah Indonesia mengeluarkan pedoman etika penggunaan AI dalam surat edaran Menteri Komunikasi dan Informatika pada tahun 2023.

“Kami berharap arahan ini dapat memberikan pesan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki komitmen dan perhatian yang besar terhadap permasalahan etika AI global,” kata Nezar.

Baca juga: Indonesia akan membahas pemanfaatan manajemen AI di kancah internasional.
Baca juga: Indonesia siap bergabung dalam kerja sama pengembangan AI global

AI Security Summit dan AI Global Forum 2024 rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 21 hingga 22 Mei 2024 di Korea Selatan.

Menurut Nezer, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ari Setiadi akan ikut serta dalam acara rapat tingkat menteri tersebut.

“Saya dan Menteri Komunikasi dan Publisitas akan berada di Seoul, Korea Selatan untuk menghadiri acara ini.”

Pengiriman delegasi Indonesia pada acara ini merupakan bagian dari komitmen peningkatan kerja sama dalam persiapan tata kelola penggunaan AI secara global.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia ikut serta dalam diskusi tersebut Laporan Sementara: AI untuk Manajemen Kemanusiaan Diterbitkan Badan Penasihat Tingkat Tinggi PBB untuk AI.

Pemerintah Indonesia pun ikut serta dalam pembentukan tersebut Pedoman ASEAN tentang Tata Kelola dan Etika AI 2024Perjanjian ini mencakup prinsip-prinsip dan usulan kerangka tata kelola AI yang tidak mengikat bagi negara-negara anggota ASEAN.

Baca juga: Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika: Tony Blair mengajak Indonesia untuk mengembangkan regulasi AI yang generatif.
Baca juga: Sebuah survei menunjukkan risiko penggunaan teknologi AI di sektor bisnis

Koresponden: Livia Christiani
Diedit oleh: Mariamti
Hak Cipta © ANTARA 2024

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama