Apakah Apple Memburu Chip M4 untuk AI?-Dicemotion.com

Dicemotion.com-



Jakarta

Apple M3 baru dirilis pada akhir Oktober 2023, dan kini mereka merilis M4 pada awal Mei 2024. Apa yang terburu-buru, Apple?

Presentasi Apple M4 diperkenalkan bersamaan dengan peluncuran iPad Pro yang menggunakan silikon Apple terbaru. Performanya memang lebih kencang dibandingkan M3, namun menariknya dalam presentasinya, Apple sedikit membeberkan strategi AI mereka di tahun 2024.

Namun, tidak semua strategi AI terungkap saat peluncuran iPad Pro. Bahkan bisa dibilang masih terbatas Pemandangan tersembunyiPasalnya, Apple telah mengumumkan varian standar iPad Pro M4 yang hanya fokus pada peningkatan performa dibandingkan iPad Pro sebelumnya.

iklan

Gulir untuk melanjutkan konten.

Apple baru akan mengungkap M4 secara lengkap di WWDC 2024 Juni mendatang, termasuk — kemungkinan — lini Mac terbaru dengan chip ini, seperti dilansir detikINET dari Techspot, Rabu (8/5/2024).

Beberapa fitur utama pada M4 termasuk node 3nm, cache variabel, mesh shading, dan ray tracing. CPUnya dijanjikan 50% lebih cepat dibandingkan M2 yang digunakan di iPad Pro sebelumnya, dan GPU-nya dikatakan empat kali lebih cepat.

“Performa hemat daya dari M4 bersama dengan mesin layar baru memungkinkan desain yang lebih ramping dan layar inovatif pada iPad Pro, dengan peningkatan mendasar pada CPU, GPU, mesin saraf, dan sistem memori untuk aplikasi terbaru yang menggunakan M4 untuk AI , “kata wakil presiden senior teknologi perangkat keras Apple. Presiden Johnny Srouji berkata.

M3 dan M4 sama-sama memiliki GPU 10 inti, namun jumlah inti CPU telah ditingkatkan dari delapan menjadi 10, dengan empat inti cepat dan enam inti efisien. Kemudian jumlah transistor bertambah 3 miliar, total menjadi 28 miliar.

Salah satu hal baru di M4 adalah mesin layar yang menurut Apple dapat mengoptimalkan panel OLED di iPad Pro untuk menghasilkan kecerahan dan warna yang lebih baik.

Namun sebenarnya peningkatan terbesar terjadi pada sektor AI. Apple mengklaim mesin saraf di M4 adalah yang tercepat di dunia hingga saat ini. Mesin saraf ini memiliki 16 inti seperti sebelumnya dan kinerjanya dikatakan mampu melakukan 38 triliun operasi per detik (TOPS).

Sebagai perbandingan, mesin di M3 dibatasi hingga 18 TOPS. Namun, Snapdragon

Namun yang jelas, seperti klaim Apple, M4 memiliki performa neuromotor tertinggi hingga saat ini. Selain Apple, ada Qualcomm yang merilis Snapdragon.

Ada juga Intel, yang mulai mengembangkan prosesor berkemampuan Neural Engine dengan seri Meteor Lake pada akhir tahun 2023 dan berencana untuk meningkatkan kemampuan AI-nya dengan Panther Lake pada tahun 2025. Di sisi lain, NVIDIA menilai lebih cocok menggunakan GPU untuk pemrosesan AI dengan Neural Engine di Neural Processing Unit (NPU).

Menurut Nvidia, GPU RTX yang saat ini beredar di pasaran mampu mencapai daya komputasi hingga 1.300 TOPS.

Menonton video”Spesifikasi dan Harga iPad Pro 2024
[Gambas:Video 20detik]

(asj/asj)

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama