12 Aplikasi Root Terbaik untuk Rooting Android | dicemotion.com

Jika Anda suka mengoprek HP Android, Anda mungkin pernah mendengar istilah “Rooting”. Pada dasarnya rooting HP memberi Anda akses ke sistem file root.

Hal ini memungkinkan Anda memodifikasi file sistem dan pengaturan yang biasanya dibatasi.

Namun, perlu Anda catat bahwa rooting HP juga dapat menimbulkan resiko. Jadi sebelum rooting penting untuk melakukan riset terlebih dahulu.


Apa itu root?

Root artinya Akar. Rooting adalah proses untuk mendapatkan akses ke akar operasi sistem Android (OS). Proses rooting juga membuka keamanan HP Anda sampai tingkat maksimal.

Dengan root HP Anda dapat melakukan apapun yang sebelumnya tidak dapat Anda lakukan. Jika Anda mau, Anda juga dapat menghapus aplikasi bawaan untuk mengurangi penyimpanan dan meningkatkan kinerja HP Android Anda.

Keuntungan dan Kerugian Root HP Android

Banyak sekali keuntungan yang Anda dapatkan jika Anda mendapat akses root HP. Namun, root Hp juga memiliki kerugian. Berikut adalah keuntungan dan kerugian root HP Android.

Keuntungan Root:

  • ‌Salah satu alasan mengapa banyak orang me-root HP Android adalah custom room. Metode ini dapat Anda gunakan untuk mendapatkan versi Android terbaru.
  • ‌Anda dapat mengunci kecepatan CPU HP untuk mempercepat kinerja smartphone.
  • ‌Anda dapat menghapus aplikasi bawaan atau sistem.
  • ‌Anda dapat blokir iklan di Hp Android Anda.
  • ‌Anda dapat menggunakan aplikasi yang membutuhkan akses root seperti greenify.
  • ‌Anda juga dapat membobol wifi dengan bantuan alat khusus.

Kerugian Root:

  • ‌Garansi pembelian HP Android Anda hilang. Itu artinya jika HP Anda rusak bukan karena kesalahan Anda, Anda tidak dapat mengklaim garansi untuk menukar Hp dengan yang baru atau mendapatkan diskon perbaikan kerusakan HP.
  • ‌Anda tidak dapat melakukan update operasi sistem secara Over The Air (OTA). Biasanya Anda update software melalui pengaturan, tapi setelah root Anda tidak dapat melakukannya lagi. Alternatifnya Anda harus update manual menggunakan TWRP yang lumayan ribet.
  • ‌Rentan terkena virus karena sistem keamanan sudah dibuka.
  • ‌Tidak dapat menggunakan aplikasi keuangan seperti m-banking, OVO, GO-PAY, Dana, dan aplikasi pinjaman.
  • ‌Hp jadi mudah di bajak oleh aplikasi yang mengandung malware.

Jika Anda sudah yakin akan resiko root. Berikut ini aplikasi root terbaik yang dapat Anda gunakan untuk rooting Hp Android Anda.

Aplikasi Root Android Terbaik

1. Aplikasi KingRoot


KingRoot adalah aplikasi root yang sampai saat ini masih populer. Aplikasi kingroot diciptakan untuk yang ingin root Hp Android tanpa PC. Kingroot dapat me-root semua HP Android dari versi 2 sampai 5.

Fitur-fitur yang ada di aplikasi kingroot lumayan banyak. Selain untuk root, kingroot bisa digunakan untuk menghapus aplikasi bawaan, menghemat baterai, blokir iklan, dll.

Download kingroot apk terbaru:

https://kingrootapp.net/download-kingroot-v540-apk/1009738185

2. Aplikasi Magisk Manager


Magisk Manager adalah aplikasi rooting yang memungkinkan root tanpa merubah file root. Keuntungannya adalah smartphone anda masih bisa mendapatkan update software terbaru melalui pengaturan.

Menariknya, dengan root menggunakan magisk manager, Anda dapat menyembunyikan status root dari aplikasi yang melarang penggunaan root. Dan juga di aplikasi magisk root tersedia modul-modul yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kinerja android.

Download magisk manager root:

https://magisksu.com/download/

3. Aplikasi Kingo Root



Kingo root dan kingroot, dua aplikasi yang berbeda, jadi jangan samakan kedua aplikasi root ini. Faktanya kingo root adalah cara yang termudah untuk mendapatkan akses root secara gratis. Aplikasi kingo root tersedia untuk Android dan PC. Dengan satu sentuhan aplikasi ini akan melakukan rooting secara otomatis di semua Hp Android termasuk Samsung, LG, Advan, HTC, Xiaomi, dan lainnya.

Download kingo root dibawah ini:

https://www.kingoapp.com/

4. Aplikasi Framaroot


Framaroot adalah salah satu aplikasi terbaik untuk me-rooting HP Android Anda dengan satu ketukan. Memang sangat mudah digunakan, tapi hasilnya sangat sempurna untuk mendapatkan akses root.

Aplikasi framaroot adalah aplikasi root gratis yang dapat melakukan root di semua android tanpa PC, baik itu versi android lama maupun baru.

Anda dapat mengunduh aplikasi framaroot dibawah ini:

https://framarootappdownload.net/

5. Aplikasi SuperSU


SuperSU root adalah aplikasi root terbaik pilihan saya. SuperSU dapat melakukan root di semua versi Android, termasuk android 6 (Marshmallow) sampai Android 11,12.

Fitur lain dari aplikasi superSU Anda dapat melakukannya unroot secara permanen dan sementara. Anda juga dapat menyembunyikan status root dari aplikasi lain yang Anda inginkan.

Download aplikasi superSU:

https://supersuroot.org/

6. Aplikasi Root Genius



Root Genius adalah aplikasi root paling canggih dan cepat. Aplikasi root genius kompatibel dengan lebih 10.000 jenis smartphone dari produsen terkenal.
Aplikasi ini menawarkan layanan root untuk pengguna Android dan PC. Sama dengan aplikasi kingo root, aplikasi root genius dapat melakukan rooting dengan satu sentuhan.

Download aplikasi root genius dibawah:

https://www.rootgenius.com/

7. Aplikasi iRoot



iRoot adalah aplikasi root terbaik untuk rooting android dalam beberapa menit. Aplikasi iRoot bekerja dengan baik di semua model smartphone Android, seperti Asus, Samsung, Xiaomi, Nexus, Realme, dan masih banyak lagi.

iRoot memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi. Namun sayangnya, aplikasi iRoot tidak memiliki fitur untuk unroot seperti aplikasi lainnya.

Download iRoot apk gratis dibawah ini:

https://www.iroot.com/

8. Aplikasi One Click Root


Seperti namanya, aplikasi ini dapat root Hp hanya dengan satu klik. Aplikasi one click root sangat aman, cepat, dan mudah digunakan. Aplikasi root ini bekerja dengan baik di android versi 1.5 -7. Dan yang paling penting, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk unroot Hp dengan cepat.

Download apk One click root:

https://www.oneclickroot.com/

9. Aplikasi Root Master



Root master aplikasi root yang tak kalah populer. Yap, siapa yang tidak tahu aplikasi root master. Aplikasi root android ini dibuat oleh tim pengembang dari XDA. Tanpa bantuan komputer atau laptop, aplikasi root master akan memberikan Anda akses root dengan cepat.

Dengan aplikasi ini Anda dapat melakukan tweak yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja dan meningkatkan masa pakai baterai. Untuk memulai root Anda hanya perlu tekan tombol start dan tunggu proses rooting selesai.

Download aplikasi root master:

https://root-master.com/

10. Aplikasi Towelroot


Rasanya ada yang kurang jika tidak merekomendasikan towelroot dari daftar aplikasi root terbaik.

Aplikasi ini memang sangat populer dikalangan opreker, karena aplikasi root ini sangat ringan. Siapa saja akan senang dengan aplikasi ini karena untuk melakukan root, Anda hanya perlu tekan layar dan proses rooting pun terjadi.

Unduh apk towelroot:

https://towelroot.com/

11. Aplikasi SRS One Click Root



Selanjutnya ada aplikasi SRS One Click Root. Namun sayangnya, aplikasi ini hanya bisa di install di windows saja. Walaupun begitu, ukuran aplikasi SRS One Click Root cukup kecil hanya 8MB.

Aplikasi SRS One Click Root dapat me-root semua HP Android baik secara permanen maupun sementara.

Download aplikasi SRS One Click Root:

https://softradar.com/static/products/srs-one-click-root/distr/1.0.0.3/srs-one-click-root_softradar-com.exe

12. Aplikasi Universal Androot

Ada lagi aplikasi root yang bisa Anda coba yaitu Universal Androot. Aplikasi ini cukup kecil hanya 1MB aja. Tapi jangan salah, aplikasi Universal Androot dapat melakukan root lebih dari 250 merek smartphone, termasuk smartphone Google, HTC, Motorolla dan sebagainya.

Download universal androot apk:

https://apkcombo.com/id/universal-androot/com.corner23.android.universalandroot/

Jadi itulah daftar aplikasi root terbaik untuk rooting android. Dengan aplikasi root di atas, Anda bukan hanya bisa root saja, tapi juga bisa mengoptimalkan kinerja smartphone, meningkatkan masa pakai baterai, menghapus aplikasi sistem, dan lain-lain.

Cara Root Android Menggunakan Aplikasi

Untuk root android menggunakan aplikasi sendiri cukup mudah. Buka aplikasi root, ikuti instruksi aplikasi ketika baru pertama kali buka. Ketuk tombol root yang tersedia untuk proses melakukan root. Selesai.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama