Microsoft dan OpenAI Stargate ingin membuat superkomputer AI-Dicemotion.com

Dicemotion.com-



Jakarta

Seperti dilansir The Information. Microsoft Dan Buka AI Kabarnya pihaknya sedang merencanakan proyek data center bersama yang bisa mencapai 100 miliar dolar atau sekitar 1,585 triliun dolar (USD 1 = Rp 15.852).

Proyek ini Akan diumumkan pada tahun 2028 untuk meluncurkan superkomputer kecerdasan buatan atau AI yang sangat besar yang disebut Stargate AI. detikINET Dari Gizmochina, Senin (1/4/2024).

Rencana ambisius ini muncul di tengah meningkatnya permintaan akan pusat data AI yang mampu menangani tugas-tugas yang semakin kompleks. Munculnya teknologi AI generatif merupakan pendorong utama di balik permintaan ini.

iklan

Gulir untuk melanjutkan konten.

Microsoft diperkirakan akan menanggung sebagian besar beban keuangan untuk proyek tersebut, kata sumber yang mengetahui diskusi tersebut. Anggaran proyek ini diperkirakan 100 kali lebih mahal dibandingkan operasional pusat data saat ini.

Superkomputer di Amerika Serikat akan menjadi pusat inisiatif multi-level yang akan berlangsung selama enam tahun. Proyek ini dibagi menjadi lima fase dan Stargate mewakili fase terakhir.

Microsoft saat ini sedang mengerjakan OpenAI, sebuah superkomputer kecil yang direncanakan dirilis pada tahun 2026.

Memperoleh chip AI yang diperlukan diperkirakan akan memakan banyak biaya untuk tahap proyek berikutnya. Chip khusus ini dapat berharga antara $30.000 dan $40.000, menurut CEO NVIDIA Jensen Huang.

Microsoft telah menunjukkan komitmennya untuk memajukan kemampuan AI dengan merancang chip komputasi kustomnya sendiri. Proyek pusat data baru ini dirancang untuk bekerja dengan chip dari berbagai vendor, kata laporan itu.

Menurut informasi, biaya proyek yang direncanakan akan melebihi 115 miliar dolar, jauh melebihi modal yang dikeluarkan Microsoft untuk infrastruktur tahun lalu.

Bulan lalu, CEO OpenAI Sam Altman mengungkapkan wawasan tentang model GPT-5 yang akan datang pada KTT Pemerintah Dunia di Dubai, menyatakan bahwa model tersebut akan lebih unggul dari pendahulunya dalam segala aspek.

Model yang akan datang ini diharapkan menjadi lompatan signifikan dalam kemampuan AI, yang berpotensi mendekati kemampuan manusia, dengan pengujian pertama yang menunjukkan kemampuannya dalam mengenali bahasa kuno.

GPT-5 diperkirakan akan dirilis sementara pada tahun 2024 dengan fitur-fitur seperti pembuatan gambar melalui DALL-E dan pembuatan video melalui Sora.

Menonton video”Beberapa penulis telah mengajukan tuntutan hukum terhadap Microsoft dan OpenAI atas hak cipta.
[Gambas:Video 20detik]

(jsn/file)

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama